Siapa Walter Smith? Pelatih Legenda Rangers, Everton, dan Skotlandia yang Tutup Usia

  • Bagikan
10 WAGs Terkaya, Ada Georgina Rodriguez Istri Cristiano Ronaldo


“Beragam komentar mengiringi kepergian sang legenda.”

TOPNEWS.MY.ID – Maut sering datang dengan cara tak terduga. Kabar duka bagi dunia sepakbola datang ketika mantan manajer Rangers, Everton, dan timnas Skotlandia, Walter Smith, tutup usia di umur 73 tahun.

Smith adalah salah satu pelatih terbaik Rangers, dengan capaian 21 trofi dalam dua periode waktu melatih. Itu menjadikannya pelatih Rangers paling sukses kedua di belakang Bill Struth.

Smith memenangkan tujuh gelar terakhir dari sembilan seri berturut-turut Liga Skotlandia bersama Rangers pada 1990-an dan kembali melatih klub yang bermarkas di Ibrox Stadium itu pada 2007.

Di TOPNEWS.MY.ID sela-sela tahun itu, Smith memiliki empat tahun di Everton dan dua tahun dengan timnas Skotlandia.

Kematian Smith terjadi di tahun yang sama ketika Rangers meraih gelar liga pertama mereka sejak musim terakhir Smith melatih pada 2011.

Diposting dengan foto dirinya dan Smith di Instagram, manajer Rangers saat ini, Steven Gerrard, berkata dengan penuh bela sungkawa: “Terima kasih atas semua kebijaksanaan, dukungan, dan persahabatan Anda. Anda berarti dunia bagi semua orang di Rangers.”

Dalam pernyataan klub yang mengumumkan berita tersebut, Ketua Rangers, Douglas Park, menambahkan: “Hampir tidak mungkin untuk merangkum apa yang dimaksud Walter bagi kita semua di Rangers.”

“Dia mewujudkan segala sesuatu yang seharusnya menjadi Ranger. Karakter dan kepemimpinannya tidak ada duanya, dan akan hidup lama dalam ingatan semua orang yang bekerja dengannya selama dua masa jabatannya sebagai manajer tim utama.”

“Saya berbicara dengan Walter baru-baru ini akhir pekan lalu. Bahkan, ketika dia sedang berjuang melawan penyakit. Dia masih bisa memberikan saran dan dukungan. Untuk itu, saya pribadi berterima kasih. Saya tahu bahwa dia juga terus menjaga dialog dengan anggota staf senior, termasuk manajer kami, Steven Gerrard.”

“Walter akan sangat dirindukan oleh kita semua di Rangers. Bagi pendukung Rangers, dia lebih dari sekadar manajer sepakbola. Walter adalah teman bagi banyak orang, pemimpin, duta besar, dan legenda.”

Ally McCoist, yang bermain di Ibrox tahun 1990-an era Smith dan kemudian menjadi asisten manajernya di Skotlandia and Rangers, mengatakan kepada Talksport: “Dia adalah bos saya, pelatih saya, ayah kedua saya dan kemudian berubah menjadi salah satu teman terbaik saya.”

“Kehilangan itu benar-benar luar biasa. Dia adalah suami, ayah, teman terbaik, semua yang Anda inginkan dari seorang pria. Saya tidak bisa memberi tahu Anda betapa hancurnya saya.”

Mantan bek Everton, Alan Stubbs, juga memberikan penghormatan kepada Walters. Dia mengatakan kepada BBC Radio 5: “Walter memberi saya kesempatan untuk memenuhi impian saya untuk menandatangani kontrak dengan Everton dan menjadi kapten.”

Sebagai bek, Smith memainkan lebih dari 200 pertandingan untuk Dundee United, di mana dia memulai karier kepelatihannya di bawah Jim McLean pada usia 29 ketika cedera panggul memaksanya untuk pensiun dini.

Dia juga bermain untuk Dumbarton dan menjadi asisten Sir Alex Ferguson di Piala Dunia 1986, tetapi sebagai manajer di mana Smith membuat jejaknya.

Setelah pindah dari Tannadice ke Rangers pada 1986 sebagai nomor dua Graeme Souness, dia mengambil alih kepemimpinan tunggal pada 1991 dan memulai dominasinya selama hampir satu dekade – termasuk treble domestik pada 1993 – untuk menyamai rekor Celtic sembilan gelar berturut-turut pada 1997. Dia dianugerahi OBE untuk layanan sepakbola pada yang sama.

Smith membantu Ferguson sekali lagi pada 2004, bergabung dengan staf pelatih Manchester United.

Rekor Walter Smith

Setelah berakhirnya tugas keduanya sebagai manajer Rangers, Smith memiliki masa jabatan tiga bulan sebagai ketua Ibrox pada 2013. Tetapi, mengundurkan diri dari posisinya setelah periode pertikaian sengit di dalam ruang rapat.

Rangers mengkonfirmasi pada Maret bahwa Smith pulih di rumah sakit setelah operasi.
Dan, kematiannya terjadi 10 bulan setelah McLean, yang dia bantu selama periode panjang di Dundee United, meninggal pada usia 83 tahun.

“Walter meninggalkan seorang istri, anak dan cucu, yang semuanya ada dalam pikiran dan doa kami di saat yang sulit ini,” tambah Park.

Rangers, yang menjamu Aberdeen pada Rabu, meminta privasi keluarga Smith dihormati.
Sementara manajemen Everton mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Klub sepakbola Everton sangat sedih mengetahui meninggalnya mantan manajer klub, Walter Smith OBE.”

“Pemain Skotlandia itu adalah sosok yang sangat populer di Everton, para pemain dan staf dengan suara bulat menyambut sifat ramah dan empati Smith.”

(mochamad rahmatul haq/yul)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan