Gemar Traveling, Melanie Putria Beri Edukasi Kesehatan

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Selama pandemi Covid-19, salah satu protokol kesehatan yang paling diutamakan adalah menjaga kebersihan tangan. Dalam rangka perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia, mencuci tangan menjadi salah satu cara efektif mencegah penyakit.

Dalam webinar bersama NUVO Family dan Wings Group Indonesia, sebuah kampanye digulirkan untuk menjaga kebersihan sanitasi masyarakat yakni ‘Indonesia Bergerak Lawan Kuman’. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta kembali mengedukasi tentang pentingnya memberikan perlindungan diri dengan menjaga sanitasi seperti membiasakan diri cuci tangan pakai sabun serta menjalani pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kampanye ini dilakukan di fasilitas sanitasi di 150 titik di Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur dan Jawa Tengah berupa pengadaan akses air, sanitasi dan kebersihan.

Selain dapat memutus rantai penyebaran virus Covid-19, mencuci tangan pakai sabun juga dapat mencegah penyakit lainnya, seperti penyakit diare dan juga pneumonia. Sehingga, sangat penting bila kita semua saling bekerja sama untuk menjadikan cuci tangan pakai sabun di air mengalir menjadi sebuah kebiasaan sejak dini.

“Di tengah pandemi dengan kondisinya yang tidak menentu, upaya menjaga kebersihan diri merupakan salah satu kunci akan kesehatan yang sekiranya dapat dipupuk menjadi sebuah kebiasaan baik sejak dini pada masyarakat, termasuk pada usia anak sekolah dasar. Pentingnya pola hidup bersih dan sehat serta mendukung pemerintah dalam percepatan pengadaan akses air, sanitasi dan kebersihan yang dikelola dengan aman serta berkelanjutan,” kata Head of Public Relations Wings Group Indonesia Gabriella da Silva, secara daring, Rabu (27/10).

Selebriti, presenter, dan mantan Putri Indonesia Melanie Putria sebagai Campaign Ambassador NUVO, Indonesia Bergerak Lawan Kuman juga memberikan edukasi serta mengajak masyarakat Indonesia untuk peduli akan pola hidup bersih dan sehat yang dimulai dengan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Dirinya merasa terpanggil untuk ikut dalam aksi kesehatan ini.

“Setiap hari saya dan keluarga selalu menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih di rumah. Ketika saya mendapatkan kesempatan untuk menjalankan gerakan mulia ini, saya langsung merasa terpanggil,” kata Melanie yang juga seorang MC itu.

Sebagai penggemar traveling ke daerah-daerah di Indonesia, terutama Indonesia Timur yang sangat indah, ia prihatin dengan infrastruktur dan sarana sanitasi umum mereka yang masih kurang memadai. Karena itu ia tergerak untuk mengedukasi masyarakat di sana.

“Untuk melakukan pola hidup bersih sehat. Ketidakmerataan akan kesediaan akses air bersih memang masih menjadi pekerjaan rumah kita bersama, untuk itu sebaiknya bila kita masih diberikan kemudahan akan air bersih, kita harus belajar untuk menggunakannya dengan bijaksana,” jelas Melanie.

Berkaca dari kehidupan di Indonesia Timur yang masih kesulitan akses air bersih, Melanie mengajak masyarakat bisa bijaksana dalam menggunakan air. Akan tetapi, kata dia, meski kita harus bijak menggunakan air bersih, pola hidup bersih dan sehat jangan pernah diabaikan.

“Selalu untuk tetap menjaga kebersihan. Yuk, mulai biasakan diri kita dan keluarga untuk menjaga kebersihan diri setiap saat,” tutup Melanie.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan