Dorong Potensi Lokal, Gus Yasin Usul Menu Nila Saus Telur Asin

  • Bagikan


BREBES – Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mendorong inovasi telur asin khas Brebes menjadi makanan varian lain.

Hal itu disampaikannya setelah melihat adanya makanan olahan kerupuk dan lumpia yang menggunakan bahan telur asin, saat mengunjungi Agrowisata Kampung Bengkok, Brebes, Rabu (27/10/2021).

“Tadi UMKM ada yang bikin kerupuk telur asin, lumpia telur asin, menarik ini. Saya senang dengan inovasi. Dan di Jawa Tengah ini banyak sekali yang bisa kita kembangkan,” kata Gus Yasin, sapaan akrab wagub, Rabu (27/10/2021).

Dia meminta adanya olahan makanan lain dengan memanfaatkan telur asin. Contohnya, di salah satu restoran, ada menu ayam goreng dengan topping telur asin. Karenanya wagub mengusulkan agar masyarakat Brebes juga dapat membuat saus telur asin, sebagai topping makanan di Agrowisata Kampung Bengkok tersebut.

“Bagaimana kalau kita (buat) nila saus telur asin, atau ayam goreng topping telur asin. Kalau biasanya anda makan dengan topping telur asin di tempat yang bukan aslinya, sekarang di Brebes itu (telur asinnya sudah) terkenal dan bikin topping makanan. Saya akan datang ke sini (Agrowisata Kampung Bengkok) kalau menunya ada,” tambahnya.

Gus Yasin menjelaskan, inovasi dan strategi merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan nilai jual produk. Dia mencontohkan dengan hasil pertanian bawang merah. Kata dia, dengan inovasi, harga bawang merah yang saat panen raya harganya rendah bisa diolah menjadi bahan makanan lainnya seperti bawang merah goreng.

“Kalau kita mau berubah, inovasi semua bisa kita tangani. Saya senang, kemarin pas ada Pak Wapres (Ma’ruf Amin), Ibu Bupati membawa olahan brambang (bawang merah) goreng,” tandas dia. (Humas Jateng)

 




  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *