Manfaat Menggunakan Aplikasi Data Pegawai Berbasis Web untuk Bisnis

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Agar pengelolaan data pegawai bisa dilakukan dengan maksimal, penggunaan aplikasi data pegawai berbasis web menjadi pilihan terbaik oleh perusahaan. Salah satu vendor aplikasi yang menangani pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) terbaik adalah Talenta by Mekari. Mengapa? 

Talenta by Mekari dipercaya banyak perusahaan karena pelayanan yang tanggap dan keamanan sistem yang ketat. Ingin tahu lebih dalam soal aplikasi data pegawai? 

Manfaat Aplikasi Data Pegawai 

Apa kelebihan jika perusahaan menggunakan aplikasi untuk mengelola data pegawai? Apakah bisa terbilang efektif dalam pengerjaannya? 

1.    Mengelola Data Payroll Karyawan dengan Mudah

Gaji adalah hak yang wajib diterima setiap karyawan. Namun besaran jumlah gaji yang diterima tiap karyawan pastinya berbeda-beda tergantung dengan posisi dan juga data kehadiran mereka. Untuk itu, diperlukan data karyawan yang valid agar proses perhitungan gaji masing-masing karyawan tidak menimbulkan kesalahan.

2.    Mengelola Data Karyawan Secara Otomatis

Jumlah karyawan yang banyak tentunya akan menyulitkan pihak HRD untuk menginput seluruh data informasi yang mereka punya. Terlebih lagi jika penginputan data masih dilakukan dengan cara manual akan menimbulkan kesalahan data yang dapat berakibat fatal. Dengan aplikasi data pegawai berbasis web, seluruh data karyawan akan secara otomatis diolah melalui sistem dan memberikan hasil yang sesuai.

3.    Dapat Menginput Informasi Karyawan Dengan Sangat Detail

Seluruh informasi yang berkaitan dengan karyawan harus dimasukan ke dalam sistem secara detail mulai dari informasi tanggal lahir, jenis kelamin, posisi, hubungan keluarga, dan lain sebagainya. Semua komponen informasi ini harus dijaga secara aman dan rahasia, sebab tak jarang ada kasus penyalahgunaan informasi karyawan. 

Jika seluruh informasi tersebut disimpan melalui lembaran kertas dapat menimbulkan kehilangan dan juga kerusakan data. Namun jika perusahaan menggunakan aplikasi, admin dapat menginput seluruh data informasi karyawan secara menyeluruh dan data akan tersimpan secara aman berkat sistem keamanan yang ketat.

4.    Mudah Digunakan Oleh Semua Orang

Jika Anda berpikir bahwa penggunaan aplikasi ini hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu saja, maka jawaban Anda salah! Aplikasi data pegawai ini didesain agar memudahkan seluruh pihak untuk menggunakannya. Sehingga proses kerja bisa lebih cepat dan efektif.

5.    Bisa Diakses di Mana Saja dan Kapan Saja

Walau tidak berada di dalam kantor, karyawan maupun HRD bisa mengakses aplikasi ini kapan saja dan di mana saja. Hanya dengan mengandalkan koneksi internet yang stabil, Anda bisa membuka aplikasi ini untuk keperluan yang harus dikerjakan atau bagi karyawan yang ingin mengupdate data dirinya.

6.    Mengatur Reimbursement Karyawan dengan Cepat dan Tepat

Selain pada proses gaji, setiap karyawan atau pegawai juga berhak mendapatkan reimbursement oleh perusahaan. Dengan bantuan aplikasi data pegawai berbasis web ini, Anda bisa mengatur reimbursement yang berhak diterima karyawan dengan cepat dan tepat.

7.    Memudahkan Manajemen untuk Memberikan Reward dan Punishment

Reward dan punishment adalah hal yang diterima karyawan setelah mereka melakukan suatu perbuatan. Dengan aplikasi berbasis web ini, manajemen bisa dengan mudah untuk memberikan reward atau punishment kepada karyawan tertentu. Jadi pemberian dokumen penghargaan dan juga peringatan kerja bisa dilakukan secara terukur.

**

5 Rekomendasi Aplikasi Data Karyawan untuk Perusahaan

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) pasti akan memerlukan berbagai macam data karyawan, seperti status kerja, background pendidikan, kompetensi karyawan, dan lain-lain. Penyimpanan data karyawan menggunakan cara manual kini tidak begitu efektif. Maka dari itu, aplikasi data karyawan mulai dilirik banyak perusahaan. 

Apa yang menyebabkan perusahaan tertarik menggunakan aplikasi dalam pengelolaan karyawan? Sebab, program data karyawan mampu menyimpan banyak data karyawan dalam satu pusat secara aman. Pastinya ini juga akan memudahkan HRD dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari. 

Di bawah ini adalah rekomendasi aplikasi data pegawai berbasis web yang Anda pertimbangkan untuk kelancaran manajemen perusahaan. Mari kita ulas satu-satu! 

1.    Talenta by Mekari

Rekomendasi pertama yang dapat Anda pertimbangkan adalah Talenta by Mekari. Banyak perusahaan di Indonesia sudah mempercayai software ini sebagai vendor ternama yang menyediakan program data karyawan berbasis cloud database. Jaminan kerahasiaan dan keamanan data lah yang membuat software ini dikenal andal dan terpercaya. 

Dengan Talenta by Mekari, HRD dapat mengelola dan memantau seluruh data karyawan secara terperinci dan runtun. Ada pun fitur-fitur yang disediakan adalah: 

?    Absensi Online dengan Fitur Live Attendance

?    Pengajuan Cuti dengan Fitur Time Off

?    Pengajuan Klaim dengan Fitur Reimbursement

?    Penghitungan Gaji dengan Fitur Payroll Pada Aplikasi

?    Pemberian Slip Gaji dengan Fitur Payslip

2.    Freshteam 

Freshteam adalah vendor penyedia aplikasi data karyawan asing yang berdiri tahun 2010. Dari sejak itu, Freshteam telah melayani lebih dari 40000 perusahaan dari berbagai skala. Fitur yang ditawarkan oleh Freshteam TOPNEWS.MY.ID lain adalah; employee records, employee self service portal, organization charts, dan time off management. Namun, fitur itu tidak terintegrasi dengan sistem lain seperti kehadiran, penilaian karyawan, dan penggajian. Jika perusahaan ingin meningkatkan kinerja fitur, maka perusahaan harus membayar $50 – $200 untuk fitur yang lebih reliable. 

3.    Myhrtoolkit

Manajemen data karyawan tidak lagi terbatas pada spreadsheet dan file kertas dengan adanya program data karyawan dari Myhrtoolkit. Pengelolaan database karyawan Anda menjadi lebih mudah digunakan dan lebih mudah diakses. Setiap pihak yang berwenang memiliki akses ke dalam sistem untuk mencari informasi khusus seputar karyawan.

Walau memiliki kemudahan akses, Myhrtoolkit menjamin keamanan dan kerahasiaan data para client-nya. Selain itu, Myhrtoolkit juga memfasilitasi para karyawan untuk memperbaharui data pribadinya sendiri sehingga membuat HRD lebih hemat waktu. 

4.    Risepeople

Risepeople mampu menyimpan semua data karyawan di satu tempat demi kemudahan akses kapan dan dimana saja. HR admin juga bisa menambahkan berbagai pencapaian kerja, preferensi, hingga hobi dalam profil setiap karyawan. Cara ini membantu perusahaan untuk memahami lebih dekat kepribadian karyawan agar bisa membina engagement yang lebih baik.  Sayangnya, aplikasi ini belum sesuai dengan kebijakan UU Ketenagakerjaan di Indonesia. 

5.    BambooHR

Dan rekomendasi yang terakhir adalah dari BambooHR. Dari kategori standar seperti info pribadi dan pembayaran hingga data kustom sebanyak yang Anda inginkan, Anda memiliki kendali penuh atas semua data utama Anda di satu tempat, dapat diakses dari mana saja. BambooHR memindahkan database HR Anda dari spreadsheet dan file kertas yang tersebar selamanya, menempatkan data yang terorganisir dan terpusat di ujung jari Anda kapanpun Anda membutuhkannya. 

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi data karyawan yang Anda dapat pertimbangkan untuk perusahaan. Dengan implementasi program data karyawan, diharapkan manajemen personalia dalam perusahaan pun berjalan lancar dan lebih efisien. Semoga dapat membantu!

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan