Memahami Lebih Dalam Mindful Eating dan Manfaatnya untuk Tubuh

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Secara tidak sadar, beberapa orang seringkali tidak mampu mengontrol dirinya sendiri saat melihat makanan yang ada di depan mata. Tak jarang, mereka juga berusaha menghabiskan makanan padahal kondisi perut sudah kenyang dan tidak bisa lagi menampung makanan. 

Jika terus dilakukan, kebiasaan ini akan berdampak buruk bagi kesehatan, contohnya obesitas. 

Lalu, apakah ada cara untuk mengatasinya? Tentu saja. Caranya dengan menerapkan mindful eating. 

Apakah Mindful Eating Itu?

Mungkin banyak yang belum paham apa sebenarnya maksud dari mindful eating. Mindful eating adalah pola makan yang melibatkan kesadaran secara penuh. 

Pernahkah kamu merasa ketika sedang tidak tahu apa yang harus dilakukan, tak sedikit orang yang memilih untuk makan. Beberapa menganggap kalau makan bisa membantu memuaskan kebutuhan  emosional mereka. 

Alih-alih merasa kenyang, kebiasaan ini justru sangat tidak sehat, apalagi jika dilakukan secara berkala. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan konsep mindful eating dalam kehidupan sehari-hari. 

Secara garis besar, mindful eating bukan hanya mengajak kita menyadari makanan apa saja yang masuk ke dalam perut, akan tetapi mengajarkan bagaimana untuk menikmati setiap proses dalam menikmati setiap makanan, sampai akhirnya kita merasa puas setelah mencicipi makanan tersebut. 

Apabila konsep mindful eating ini terus dilakukan, kebiasaanmu yang kerap kali mengonsumsi makanan secara berlebihan disinyalir akan mulai menghilang secara pelan-pelan. 

Bagaimana Cara Melakukan Mindful Eating?

Kamu mulai tertarik untuk mulai menerapkan mindful eating? Saat awal melakukannya, mungkin kamu akan merasakan kesulitan, khususnya saat menerapkan pola makan. Tapi, seiring berjalannya waktu, kita akan terbiasa dan menikmati setiap proses yang ada. 

Ini dia cara yang bisa dilakukan jika ingin melakukan mindful eating. Berikut ini caranya: 

?    Siapkan waktu kurang lebih 20 menit untuk makan

?    Makanlah secara perlahan. Tidak perlu terlalu terburu-buru menghabiskan makananmu. 

?    Kunyahlah makanan yang kamu konsumsi sampai benar-benar hancur. 

?    Hindari melakukan aktivitas lain yang bisa mengganggu waktu makan. Contohnya jangan memainkan handphone dan menonton TV. 

?    Jangan berbicara sambil makan. Fokuskan saja pikiran kamu untuk menghabiskan makanan. 

?    Berhentilah makan jika memang sudah merasa kenyang. Jangan memaksakan diri untuk menghabiskan semua makanan. 

Hal yang perlu diingat ketika menerapkan mindful eating adalah selalu tanya pada diri sendiri, apakah kita benar-benar merasa lapar dan ingin makan makanan tersebut? Selalu tanyakan hal itu berkali-kali, sampai dirimu yakin.

Apa Manfaat Mindful Eating untuk Tubuh? 

Mindful eating dilakukan tentu bukan tanpa alasan. Semua memiliki alasan dan manfaatnya sendiri. Apakah itu? 

Secara nyata, mindful eating memberi banyak manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya sehat secara fisik saja, akan tetapi juga agar sehat secara emosional dan jiwa. 

Mengatasi Permasalahan Berat Badan 

Tahukah kamu jika para ahli di luar sana telah membuktikan bahwa mindful eating bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan mereka? 

Lilian Cheung, salah seorang ahli gizi dan dosen di Harvard School of Public Health dalam penelitiannya membuktikan bahwa mindful eating dapat membantu menurunkan berat badan. 

Lalu, ada juga, Stephanie Meyers, seorang ahli gizi di Dana-Farber Cancer Institute, berdasarkan penelitiannya, mindful eating dapat secara efektif membantu diet bagi pasien kanker. 

Tak hanya itu saja, siapapun yang melakukan mindful eating alias makan dengan penuh kesadaran, mereka akan terbantu dari godaan makanan yang kurang sehat dan berdampak buruk bagi tubuh. 

Mengatasi Perilaku Makan Menyimpang 

Dari segala manfaat yang didapat dari mindful eating, kebiasaan positif yang satu ini rupanya bisa diterapkan untuk mengatasi perilaku makan menyimpang, contohnya binge eating dan emotional eating. 

Siapapun yang ingin mulai menerapkan mindful eating dalam kehidupan sehari-hari, yakinilah satu hal jika pola pikir terhadap makanan sesungguhnya bisa mengubah kesadaran dan meningkatkan kontrol diri, dan sisi emosional ketika kita menikmati suatu makanan. 

Pelan-pelan, disadari atau tidak, jika menjalani mindful eating dengan konsisten, semua manfaat yang sudah dijelaskan akan bisa dirasakan langsung oleh diri kamu. Semoga niat memulai mindful eating kamu berhasil ya!

Penulis Melati S (Anggota Perempuan Indonesia Satu)

Editor Tubagus Guritno

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan