Jokowi Jengkel Soal BUMN yang Tidak Berkembang: Kalau Saya Langsung, Tutup Saja!



JAKARTA, TOPNEWS.MY.ID Presiden Joko Widodo meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk menutup perusahaan yang tidak mampu beradaptasi di tengah pandemi covid-19 dan Disrupsi Teknologi

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan arahan kepada para direktur utama BUMN di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (14/11)

“Pak Menteri sampaikan pada saya, ini ada perusahaan seperti ini, kondisinya seperti ini, kalau saya, tutup saja! Tidak ada selamet-selametin, bagaimana kalau sudah kayak begitu,” kata Jokowi

Baca Juga Jokowi akan Kirim 200 Imam Masjid ke Uni Emirat Arab, Begini Syarat Jika Ingin Ikut Seleksi di

Jokowi juga mendesak Erick Thohir tidak lagi memberikan perlindungan terhadap BUMN yang sering dilindungi oleh pemerintah melalui penyertaan modal negara (PMN).

Jokowi menilai hal ini membuat BUMN menjadi tidak berani ambil risiko serta sulit berkompetisi dan beradaptasi terhadap perkembangan zaman.

“BUMN-BUMN ini banyak terlalu keseringan kita proteksi, sakit, tambahi PMN, sakit, suntik PMN. Maaf, terlalu enak sekali,” kata Jokowi.

Jokowi juga ingatkan bahwa masih ada BUMN yang memiliki birokrasi yang berbelit-belit.

Jokowi juga ungkapkan bahwa dirinya sering malu karena ada BUMN Indonesia yang kurang memanfaatkan kesempatan untuk mencari partner kerja untuk membangun Indonesia.

“Kita sudah bukain pintu, enggak ada respons apa-apa, ya bagaimana saya. Kadang-kadang saya sering malu, terus terang saja saya. Sudah bukain pintu, bukain pintu, tetapi enggak ada respons ke sana,” kata Jokowi

Video Editor: Faqih Fisabilillah

Artikel ini bisa dilihat di :

https://www.youtube.com/watch?v=9gTHuzZBaZU

Respon (49)

  1. Sudah bukan rahasia umum. BUMN terlalu banyak outsorsing nya. Sementra staf dan pegawai nya hanya duduk saja. Bersih pula lagi. Tak usah jauh. Contoh pertamina dan pln. Ptpn. Dan banyak lain nya. Ini fakta silahkan cek. BUMN. Badan Usaha MERUGIKAN NEGARA

  2. Izin memberi saran Pak. Mulai aja dari wirausaha pemula yang kompetitif.. Perusahaan yang bagus pasti bisa bersaing.. Unikorn aja cuman butuh 10 tahun kok Pak, myb bisa lebih cepat jika emang solusi bisnisnya bagus dan perusahaannya bagus.. Jadi ga langsung jadi BUMN, seleksi alam aja..

  3. Intinya kerjasama ditingkatkan, jangan takut mengambil langkah besar. Mau besar, maka harus berfikir besar. Mantap

    Tapi jgn cuma ngomel Pak, segera bantu realisasinya. Karena Pandemi juga udah bikin merugi

  4. Anak-anak BUMN hanyalah akal-akalan para pejabat BUMN untuk mencuci uang BUMN.
    Sedikit-sedikit proteksi, suntik dana hanya untuk dikorupsi. Membuat BUMN makin merugi.
    Budaya lama/ budaya korup (lelet dalam pembuatan izin bagi investor) menjadi faktor utama BUMN justru merugi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *