Ditunda, Rencana Pembukaan Makam Gus Dur untuk Peziarah

  • Bagikan
alexametrics


TOPNEWS.MY.ID- Rencana pembukaan wisata religi makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, bagi peziarah dipastikan ditunda. Awalnya, makam Presiden RI ke-4 itu bakal dibuka pada 22 Oktober 2021. Atau, bertepatan dengan Hari Santri Nasional.

‘’Mohon maaf untuk peziaran atau masyarakat umum, rencana pembukaan makam Gus Dur ditunda. Sebetulnya, pengurus sudah siap. Namun, kami masih butuh pertimbangan-pertimbangan lagi. Baik dari dzurriyah (keluarga, Red) maupun pemerintah,’’ ujar Lukman Hakim, pengurus mundzir Ponpes Tebuireng, kepada Jawa Pos, Kamis (21/10).

Lukman belum mengetahui kapan makam Gus Dur akan dibuka kembali untuk para peziarah. Yang jelas, kebijakan tersebut semata-mata demi pertimbangan keamanan dan keselamatan bersama. Termasuk para santri Ponpes Tebuireng. Karena saat ini masih pandemi, rencana awal makam Gus Dur itu akan dibuka pada malam hari. Yakni, mulai pukul 20.00 hingga 03.00 WIB.

‘’Kami menunggu perkembangan lebih lanjut. Nanti, kalau sudah dibuka, kami informasikan,’’ ujarnya.

Makam Gus Dur ditutup untuk peziarah umum sejak pandemi Covid-19. Kendati masih ditutup, seiring dengan situasi virus korona di Jatim yang semakin melandai, peziarah yang datang tetap ramai. Saat akhir pekan Sabtu-Minggu, jumlah peziarah semakin banyak. Bahkan, berombongan dengan menggunakan bus. Mereka datang dari berbagai daerah.

Karena masih ditutup, peziarah yang telanjur datang itupun diarahkan untuk tetap bisa memanjatkan doa dan tahlil. Namun, mereka tidak bisa masuk ke kompleks pesarean keluarga pendiri NU Hadratus Syaikh KH Hasyim Asyari tersebut. Warga diarahkan berdoa dari area makam desa yang berimpitan dengan makam Gus Dur. Meski terhalang tembok atau dinding tinggi, para peziarah tetap khidmat berdoa.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan