Kuliah Tatap Muka Segera Dimulai, Jangan Sampai Kebiasaan Kuliah Daring ini Kebawa Sampai Kelas!

  • Bagikan


Sudah hampir dua tahun lamanya para mahasiswa melakukan kegiatan perkuliahan secara daring. Pada awal-awal pandemi, banyak dari kita yang masih berusaha menyesuaikan kebiasaan baru dengan menggunakan platform video conference, seperti zoom atau google meet. Namun, semakin lama para mahasiswa justru terbiasa dengan metode perkuliahan daring itu. Bahkan, mereka justru ada yang merasa lebih nyaman dan tidak siap untuk melaksanakan kuliah secara luring alias offline.

Akan tetapi, para mahasiswa yang belum pernah mengikuti kuliah secara luring tentunya penasaran dengan dunia perkuliahan sesungguhnya. Mereka ingin merasakan bagaimana kuliah di dalam kelas dan bertemu dosen secara langsung. Kini perlahan-lahan, rencana untuk kuliah luring itu nampaknya akan segera terwujud karena laju perkembangan kasus Covid-19 semakin menurun. Nah, bagi kamu yang sudah terlalu nyaman kuliah secara daring, jangan sampai kebiasaan kuliah daring itu terbawa nantinya sampai di kelas. Apa saja kebiasaan kuliah daring yang tidak bisa dilakukan saat kuliah luring?

1. Kamu nggak bisa menghindari pertanyaan dosen dengan pura-pura nge-lag karena alasan sinyal yang buruk

Pura-pura ngelag waktu ditanyai dosen | Credit: Makeameme

Setiap mahasiswa pasti pernah merasakan deg-degan karena takut ditanyai oleh dosen. Apalagi, kalau mereka tidak memperhatikan penjelasan dosen dari awal. Jangankan bisa menjawab, paham materinya saja nggak. Kalau sudah begitu, senjata ampuh saat namamu terpanggil adalah pura-pura ngelag atau hilang sinyal. Bahkan, ada juga yang memilih keluar saat sesi pertanyaan tiba. Akan tetapi, kamu tidak bisa menghindarinya lagi saat kuliah luring berlangsung. Jadi, siap-siap saja, ya!

2. Kamu juga nggak bisa tiba-tiba keluar di tengah-tengah kuliah, harus izin dosen dulu

Tiba-tiba leave | Trigon Walters via Pinterest

Saat kuliah daring, mahasiswa dengan mudahnya melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Kalau terpaksa tidak bisa disambi, mereka tinggal memencet tombol leave meeting dan meninggalkan perkuliahan. Akan tetapi, saat kuliah luring hal itu tidak bisa dilakukan. Kita hanya bisa sesekali keluar ruang kuliah kalau ingin pergi ke kamar kecil. Kalaupun izin, kita perlu memberikan surat agar tercatat izin dalam presensi.

3. Kebiasaan pakai  pakaian atasan rapi, bawahan celana pendek perlu dihilangkan. Kalau dipakai saat kuliah luring, bisa diusir nih

Atasan rapi, bawahan celana pendek | Credit: Twitter

Pasti semua mahasiswa pernah melakukan hal konyol yang satu ini. Saat kuliah daring, kamera memang hanya akan menyorot tubuh bagian atas saja. Jadi, kita hanya perlu mengenakan pakaian atas yang rapi atau kerudung untuk perempuan. Lalu, bawahannya kita bisa memakai celana apa saja yang nyaman karena tidak akan terlihat oleh kamera. Namun, saat kuliah luring, pakaian jadi salah satu hal yang sensitif bagi banyak dosen. Kalau kamu tidak berpakaian rapi, bisa-bisa kamu akan diusir dari ruang kelas dan tidak bisa mengikuti kegiatan perkuliahan.

4. Karena tidak ada fitur mute saat kuliah luring, kamu nggak bisa lagi teriak-teriak di ruang kuliah

Teriak-teriak di tengah kuliah | Credit: cdn.ebaumsworld.com

Salah satu pelepas stres saat kuliah daring adalah dengan teriak atau berbicara keras-keras. Apalagi di saat kita menjumpai materi yang sulit, rasanya kalau sudah teriak maka beban hidup berkurang setengahnya. Akan tetapi, kamu nggak bisa melakukannya di tengah-tengah kuliah luring. Bisa-bisa, kamu disangka kesurupan kalau berani teriak di depan dosen. Jadi, puas-puaskan kesempatan teriak di kuliah daring ini ya!

5. Kalau telat bangun tidur, kamu nggak bisa langsung kuliah. Kamu perlu mandi, berdandan, dan berjalan sampai ke ruang kelas

Bangun tidur langsung kuliah | Credit: Meme generator

Kebiasaan kuliah daring memang menguntungkan bagi kamu yang sering bangun mepet sebelum kuliah. Kamu dengan mudah masuk ke ruang Zoom tanpa menampilkan wajah sehingga dosen pun tidak tau kalau kamu baru saja bangun tidur. Jika kuliah sudah beralih menjadi kuliah luring, kamu tentu tidak bisa lagi bangun mepet-mepet jam kuliah seperti itu. Perlu persiapan untuk mandi, berdandan, dan juga berjalan menuju ruang kuliah yang memakan waktu lumayan lama. Kalau sudah telat, siap-siap saja kamu tidak diperbolehkan masuk oleh dosen pengajar.

6. Kebiasaan nggak memperhatikan dosen dan malah ditinggal tidur juga perlu kamu kurangi

Nggak merhatiin dosen | Credit: www.tastefullyoffensive.com

Siapa yang merasa kalau suara dosen itu bisa jadi pengantar tidur? Jadi, ketika dosen menjelaskan kamu lama-lama akan tertidur dengan sendirinya. Materi kuliah pun jadi nggak masuk karena dosen tidak diperhatikan. Kalau di dunia perkuliahan luring, ada bermacam-macam dosen yang akan kamu temui dengan sifatnya yang unik. Ada dosen yang membiarkan kamu tertidr di tengah kuliah, ada pula yang melarang hal itu. Jadi, siapkan amunisi supaya kamu nggak ngantukan lagi saat kuliah luring, ya!

Itu dia beberapa kebiasaan kuliah daring yang perlu kamu hilangkan saat kuliah luring nanti. Jangan sampai kamu ditegur oleh dosen hanya karena kebiasaan itu. Sekarang, sudah siapkah kamu untuk kuliah secara tatap muka SoHip?

52oR9e.md.jpg



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan