BPBD Mamuju lakukan vaksinasi penerima bantuan gempa

  • Bagikan
BPBD Mamuju lakukan vaksinasi penerima bantuan gempa


Vaksinasi dilakukan sebagai langkah pemerintah untuk mendorong target vaksinasi COVID-19 di Mamuju.

Mamuju (TOPNEWS.MY.ID) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan vaksinasi COVID-19 kepada penerima bantuan stimulus perbaikan rumah korban gempa yang terjadi 15 Januari 2021 lalu.

Pelaksana Tugas BPBD Kabupaten Mamuju Taslim Sukirno, di Mamuju, Minggu, mengatakan BPBD Mamuju siap mendirikan gerai vaksin COVID-19 untuk melakukan vaksinasi kepada penerima bantuan gempa pada setiap bank di Mamuju yang menyalurkan bantuan tersebut.

Ia mengatakan, vaksinasi dilakukan sebagai langkah pemerintah untuk mendorong target vaksinasi COVID-19 di Mamuju.

“Vaksinasi dilakukan sesuai dengan Perpres Nomor 14 Tahun 2021 tentang tentang pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi corona virus,” katanya.

Ia berharap, agar seluruh penerima bantuan dana stimulan perbaikan rumah korban gempa bersedia melakukan vaksinasi COVID-19.

“Namun bagi penerima dana stimulan yang belum memenuhi syarat untuk menerima vaksin karena masalah kesehatan, tidak akan dilaksanakan dan tetap akan menerima dana stimulan tersebut, karena pemerintah tidak tidak ingin penyaluran dana stimulan tersebut terhambat,” katanya pula.

Dia mengatakan pula, korban gempa yang akan menerima dana stimulan gempa adalah mereka yang berkasnya sudah memenuhi syarat dan melalui proses verifikasi.

Pemerintah di Mamuju akan bekerja cepat, agar masyarakat segera mendapatkan bantuan stimulan untuk perbaikan rumah mereka yang rusak akibat gempa Mamuju.

Taslim menyebutkan 9.719 rumah di Kabupaten Mamuju mengalami kerusakan akibat gempa yang terdiri atas 1.501 rumah rusak berat, 3.487 rusak sedang, dan 4.731 rusak ringan yang tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Mamuju.

Setiap rumah rusak kategori berat akan diberikan bantuan sebesar Rp50 juta, rusak sedang sebesar Rp25 juta, dan rusak ringan Rp10 juta.

Bantuan stimulan perbaikan rumah akibat gempa yang akan disalurkan ke masyarakat tersebut, berasal dari pemerintah pusat melalui BNPB dengan total sebesar Rp209,5 miliar.

Baca juga: Astra motor bantu warga korban gempa Mamuju fasilitas MCK

Baca juga: Ketua Dewas BSB: Air bersih bantu korban gempa memenuhi hak dasar

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © TOPNEWS.MY.ID 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan