Tak Sekadar sebagai Pelumas, Ini Fungsi Lain dari Oli Mesin

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID Siapa yang tak kenal dengan oli mesin? Salah satu komponen kendaraan bermotor yang sudah sangat umum. Kehadiran oli mesin juga merupakan salah satu dari sekian fluida yang digunakan agar mesin dapat melakukan kinerjanya. 

Kinerja mesin seperti memang harus dijaga. Sebab, jika bermasalah akan berpengaruh ke semua bagian komponen kendaraan. Oleh karena itu, oli mesin menjadi amunisi agar mesin kendaraan bisa bekerja dengan baik. Apabila kendaraan kekurangan oli mesin, maka pelumasan pada mesin menjadi tidak optimal. Dampaknya, suhu mesin menjadi jauh lebih panas dan knalpot motor bisa ngebul. Bahkan, bisa membuat komponen lainnya jadi lebih cepat aus. 

Hal tersebut membuat oli mesin tidak bisa lepaskan dari kendaraan motor. Tak hanya sebagai pelumas, ternyata oli mesin juga memiliki beberapa fungsi lain. Untuk mengetahui apa saja fungsi dari oli mesin kendaraan, simak ulasannya berikut ini. 

Melumasi komponen mesin

Fungsi oli yang paling utama dan banyak diketahui, yaitu sebagai pelumas komponen mesin motor. Oli akan melumasi komponen-komponen pada mesin yang sistem kerjanya saling bergesekan. Hal ini tentunya untuk mencegah keausan saat komponen-komponen dalam mesin saling bersinggungan atau bergesekan satu sama lain. 

Selain itu, kinerja komponen-komponen tersebut perlu dibuat lebih enteng supaya kerja yang dihasilkannya lebih maksimal. Semakin enteng gerak yang timbul, semakin cepat langkah kerja mesin. Oleh karena itu, memberian oli terbaik akan membuat fungsi oli sebagai pelumas bbisa bekerja secara maksimal. 

Meminimalisir gesekan

Selain sebagai pelumas, oli mesin juga bisa membuat komponen mesin terlapisi dengan baik. Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, jika komponen mesin terlapisi dengan baik, maka besar gaya gesek yang timbul pada komponen tersebut berkurang. 

Sedikitnya gaya geser akan meminimalisir gesekan antar permukaan komponen dalam mesin. Kemudian, gaya gesek yang timbul tidak akan membuat kerusakan pada bagian mesin. Hal ini tentunya akan menghindarkan meski dari kondisi cepat aus. 



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *