Serangan Busur Panah Meletus di Norwegia, 5 Tewas

  • Bagikan
Serangan Busur Panah Meletus di Sebuah Supermarket di Norwegia, Lima Tewas - Foto 1


TOPNEWS.MY.ID  Lima orang tewas dan dua lagi terluka di Norwegia setelah seorang pria menggunakan busur dan anak panah untuk menyerang mereka.

Sebagaimana diwartakan BBC hingga The Guardian, serangan itu terjadi di kota Kongsberg, barat daya ibu kota Oslo, dengan polisi pertama kali menerima kabar insiden pada Rabu (13/10) pukul 18.13 waktu setempat.

Menurut laporan, pelaku adalah seorang warga Denmark berusia 30 tahunan dan tinggal di kota Kongsberg. 

Belum diketahui apa motif pelaku melakukan serangan busur dan panah. Sementara, Kepala Polisi Kongsberg, Oeyvind Aas mengatakan bahwa pelaku tampaknya bertindak sendirian.

Aas juga menyebut bahwa pada Rabu malam, pelaku telah berhasil ditangkap dan dipindahkan ke kota terdekat Drammen. Namun, dikatakan pula bahwa sebelum dibekuk, sempat terjadi konfrontasi TOPNEWS.MY.ID petugas dan pelaku.

“Menurut informasi kami, pelaku adalah satu-satunya orang yang terlibat,” kata Aas.

 Terje Bendiksby/AP

Polisi akan menyelidiki apakah serangan pada Rabu merupakan aksi teror atau bukan. Petugas juga sedang menginvestigasi apakah penyerang menggunakan senjata lain selama insiden.

Sementara penyelidikan masih berlangsung, Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg telah merilis pernyataan soal serangan.

“Saya mengerti bahwa banyak orang takut, tetapi penting untuk menekankan bahwa polisi sekarang memegang kendali,” kata Solberg dalam konferensi pers, menyebut serangan sebagai ‘hal mengerikan’.

Kasus bermula ketika pelaku berada di dalam supermarket Coop Extra di sisi barat Kongsberg. Saat itu, penyerang langsung mengeluarkan busurnya dan mulai melepaskan panah ke targetnya. Belum diketahui, apakah pelaku melakukannya dengan acak atau memang sudah memiliki target sebelumnya. 

Seorang saksi mengatakan kepada outlet lokal TV2 bahwa dia mendengar keributan dan melihat seorang wanita berlindung selama insiden. Dikatakan pula bahwa ia melihat seorang pria berdiri di sudut dengan anak panah di bahunya dan busur di tangannya.

“Setelah itu, saya melihat orang-orang berlarian menyelamatkan diri. Salah satunya adalah seorang wanita yang memegang tangan seorang anak,” kata saksi tersebut.

Setelah melancarkan seranganya itu, pelaku pindah ke area yang luas, dan pihak berwenang telah menutup beberapa bagian kota. Warga diperintahkan untuk tinggal di dalam rumah sehingga pihak berwenang dapat memeriksa tempat kejadian dan mengumpulkan bukti.

Sementara itu, dua orang yang terluka dilaporkan masih berada dalam perawatan intensif. Aas mengatakan bahwa salah satunya adalah seorang petugas polisi yang sedang tidak bertugas dan berada di toko pada saat itu.

Setelahnya, sorang juru bicara Coop Extra mengonfirmasi ‘insiden serius’ terjadi di toko mereka, dan menambahkan bahwa tidak ada staf yang terluka secara fisik.[]



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *