Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia tinjau lokasi PWN 2021

  • Bagikan
Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia tinjau lokasi PWN 2021


Jambi (TOPNEWS.MY.ID) – Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia Mayjen TNI (Purnawirawan) Bachtiar Utomo meninjau lokasi Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) tahun 2021 di Kabupaten Batanghari dan Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

“Jambi sebagai tuan rumah PWN tahun 2021, perkemahan nasional yang dilaksanakan dalam lima tahun sekali tersebut dilaksanakan di dua daerah, di Kabupaten Batanghari dan Muaro Jambi,” kata Kepala Sekretariat Kwarda Jambi Hendri Kusuma Atmaja di Jambi, Kamis.

Di Kabupaten Muaro Jambi, PWN dilaksanakan di bumi perkemahan Abdurrahman Sayoeti, Kecamatan Sungai Gelam sebagai tempat utama atau biasa di sebut dengan main camp.

Kemudian di Kabupaten Batanghari, PWN dilaksanakan di lima desa, yakni di Desa Desa Bajubang Laut, Desa Olak, Desa Aro, Muaro Singoan dan Desa Sungai Baung Kecamatan Muara Bulian sebagai tempat pendukung atau biasa di sebut dengan subcamp.

Baca juga: Budi Waseso: Pramuka harus hasilkan generasi Maluku tangguh

Baca juga: Polri benarkan Adhyaksa Dault dilaporkan terkait dugaan penggelapan

PWN tahun 2021 tersebut akan dilaksanakan selama delapan hari dari tanggal 8-15 November 2021.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Batang Hari M Azan dalam kunjungan Sekjen Kwarnas mengatakan dalam rangka persiapan PWN tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Batanghari telah melakukan perbaikan infrastruktur jalan di lima desa sebagai lokasi PWN dengan panjang 13 kilometer.

“Kemudian kami juga melengkapi fasilitas lainnya dalam rangka mendukung dan mensukseskan PWN 2021 di Batanghari,” kata M Azan.

Selain itu M Azan meminta evaluasi dari Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia terkait persiapan lokasi pelaksanaan PWN tahun 2021 di Batanghari. Harapannya ada catatan-catatan yang dapat diperbaiki agar PWN dapat berjalan dengan baik dan sukses.

PWN adalah suatu bentuk kegiatan pramuka yang berbakti kepada masyarakat yang dilakukan dalam bentuk fisik maupun non fisik.

Kegiatan dalam bentuk fisik seperti pembangunan pagar dan tempat pemakaman umum yang sifatnya untuk kepentingan masyarakat. Sementara kegiatan yang berbentuk non fisik seperti pelatihan-pelatihan keterampilan kepada masyarakat.

“Kegiatan perkemahan ini diselenggarakan bagi pramuka penegak dan pandega seluruh Indonesia dengan usia TOPNEWS.MY.ID 16 sampai 25 tahun, dengan perkiraan peserta kurang lebih 1.150 TOPNEWS.MY.ID siswa dan mahasiswa yang aktif dari seluruh Provinsi di Indonesia,” kata Hendri Kusuma Atmaja.

Karena dilaksanakan di masa pandemi COVID-19, maka PWN tahun 2021 tersebut dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.*

Baca juga: Kwarnas Pramuka bantu korban tsunami dan COVID-19 di Banten

Baca juga: Peringati HUT ke-59, Kakwarnas Pramuka pimpin ziarah ke TMP Kalibata

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © TOPNEWS.MY.ID 2021

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *