Golkar Sebut Airlangga Mulai Dikenal Publik, Modal Maju Pilpres 2024

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, JakartaΒ – Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan nama ketua umumnya, Airlangga Hartarto, kini mulai dikenal oleh publik. Menurut Ace, tingkat pengenalan Airlangga meningkat setelah disosialisasikan oleh para kader Golkar.

“Harus kami akui dalam berbagai survei, nama Pak Airlangga ketika oleh para kader partai disosialisasikan sudah menunjukkan mulai dikenal oleh publik,” kata Ace dalam diskusi “Membaca Peta Koalisi dan Potensi Kontestasi 2024”, Kamis, 14 Oktober 2021.

Ace mengatakan jajaran Golkar saat ini memang tengah bekerja meningkatkan popularitas Airlangga. Kenaikan popularitas ini diharapkan dapat mendongkrak elektabilitas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu sebagai calon presiden.

Ace pun mengaku partainya optimistis Airlangga berpeluang maju sebagai calon presiden 2024 dan menang. Selain tak ada calon inkumben, pilpres mendatang kemungkinan diikuti tiga pasangan calon. Dengan konfigurasi ini, kata Ace, Airlangga memiliki peluang untuk memenangi Pilpres 2024.

“Kami sangat optimis,” kata dia. “Jadi semua memiliki keberpeluangan untuk dapat menang dalam Pilpres 2024 nanti.”

Untuk bisa mencalonkan Airlangga, kata Ace, Golkar memerlukan satu partai lagi agar dapat memenuhi ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) sebesar 20 persen. Namun, ia berujar proses membangun koalisi ini masih dinamis dan terbuka.

“Golkar sendiri hanya butuh satu partai untuk bisa mencalonkan Pak Airlangga dan nanti capresnya dengan siapa tergantung dari proses dinamika dari komunikasi-komunikasi politik dengan partai lain,” ujar Ace.

Golkar memang telah memutuskan untuk mendukung Airlangga sebagai calon presiden 2024. Hal itu pertama kali terlontar dalam musyawarah nasional Golkar yang digelar pada akhir 2019 lalu, lalu ditegaskan dalam rapat pimpinan nasional dan rapat kerja nasional partai beringin pada Maret 2021.

Popularitas dan elektabilitas Airlangga Hartarto sebenarnya masih tercatat rendah. Merujuk survei Indikator Politik Indonesia pada 13-17 April lalu, elektabilitas Airlangga sebesar 1 persen. Sedangkan sigi Akar Rumput Strategic Consulting pada 26 April-8 Mei 2021 mencatat elektabilitas Airlangga 3,83 persen.

BUDIARTI UTAMI PUTRI

Baca:Β Jelang Pilpres 2024, Beberapa Parpol Ini Potensial Jadi Rumah Ridwan Kamil



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *