Dulu Ada 3 Nama, Kini Shin Tae-yong Nilai Tak Ada Pemain Indonesia yang Layak Berkarier di K-League Selain Asnawi | Bolaindo

  • Bagikan



Shin Tae-yong menilai kini tidak ada lagi pemain Indonesia yang layak bermain di kompetisi Korea Selatan atau K-League.

Shin Tae-yong pada Juli 2021 lalu berkesempatan melakukan wawancara dengan salah satu channel Youtube Korea Selatan, Myeongjangdeul.

Pelatih berusia 52 tahun itu bercerita banyak mengenai karier kepelatihannya dari timnas U-20 Korea, timnas senior Korea hingga timnas Indonesia.

Shin Tae-yong juga sempat menyinggung bagaimana peluang pemain Indonesia bermain di K-League.

Seperti diketahui, Asnawi Mangkualam jadi salah satu pemain Indonesia (selain M Iqbal) yang berkompetisi di K-League 2021.

Ia bergabung dengan Ansan Greeners untuk mengarungi K-League 2 2021.

Asnawi menjadi andalan Ansan Greeners dan hingga pekan ke-32 tampil sebanyak 14 kali untuk tim berjuluk Green Wolves itu.

Perekrutan Asnawi oleh Ansan Greeners tak lepas dari rekomendasi Shin Tae-yong.

Bahkan suporter Ansan Greeners menganggap bila Asnawi Mangkualam merupakan hadiah dari Shin Tae-yong karena memberikan anak asuhnya di timnas Indonesia ke tim K-League 2 tersebut.

Walau begitu, menurut penilaian Shin Tae-yong, saat ini belum ada lagi pemain Indonesia yang layak ke K-League selain Asnawi Mangkualam.

“Tidak ada (pemain Indonesia yang layak ke K-League),” kata Shin Tae-yong seperti yang dilansir BolaSport.com dari channel Youtube Myeongjangdeul dan terjemahan dari akun twitter @UpdateBolaBola.

“Tidak sama sekali, mungkin ada beberapa. Tetapi saya belum bisa melihatnya dengan mata saya saat ini,” tambahnya.

Pernyataan ini berkebalikan dengan apa yang dikatakan Shin Tae-yong saat mengasuh timnas U-19 Indonesia Juli 2020 lalu.

Ketika itu, Shin Tae-yong menilai 3 pemain timnas U-19 Indonesia layak bermain di K-League.

“Ada tiga pemain dari timnas U-19 Indonesia (yang layak ke K-League),” ucapnya dilansir BolaSport.com dari Youtube Hyungwook Seo’s TV.

“Itu tidak mudah bagi anak-anak karena mereka harus mengikuti saya tanpa mengetahui metode latihan saya,” tutur Shin Tae-yong.

“Itulah mengapa mereka membuat kesalahan di awal, hanya saja mereka bekerja keras,” tambahnya.

Shin Tae-yong sendiri saat ini disibukkan dengan persiapan timnas U-23 Indonesia menghadapi Kualifikasi Piala AFC U-23 2022, 25-31 Oktober 2021.

Usai mengantarkan timnas senior Indonesia melaju ke Kualifikasi Piala Asia 2023, Shin Ia langsung melanjutkan pemusatan latihan ke Tajikistan bersama pemain-pemain yang ia pilih untuk timnas U-23 Indonesia.

“Setelah pertandingan melawan Taiwan, kondisi pemain tidak ada masalah. Sebagian pulang ke Indonesia dan sisanya melanjutkan pemusatan latihan di Tajikistan,” kata Shin Tae-yong dilansir BolaSport.com dari laman PSSI.

“Kami akan melakukan persiapan yang matang di Tajikistan sebelum berlaga di Kualifikasi Piala AFC U-23 2022,”tambahnya.

Berita Terkait



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *