Alasan Kenapa Cowok Suka Denger Lagu Emo Kalau Lagi Sedih atau Putus Cinta. Bener Nggak nih?

  • Bagikan


Putus cinta dan kesedihan adalah hal yang tak bisa dilepaskan dari perasaan manusia. Baik itu cewek atau cowok, saat perasaan sedih melanda, galau dan rasa sesak dalam dada kerap muncul tanpa diduga-duga. Perasaan sedih inilah yang membuat seseorang mencari hal sebagai bentuk ekspresinya. Salah satu bentuk ekspresi rasa sedih ini adalah dengan mendengarkan musik.

Ada sedikit perbedaan dari cara cewek dan cowok saat mendengarkan musik kala galau melanda. Jika cewek mendengarkan lagu-lagu dengan tune yang melow dan lirik-lirik yang membuat hati teriris, para cowok juga melakukan hal demikian. Hanya saja, para cowok biasanya mendengarkan musik jenis emo. Yup, musik yang sempat heboh di Indonesia sampai-sampai Andika Kangen Band dan Kevin Aprilio mempertahankan gaya rambut emonya selama bertahun-tahun. Lantas, apa sih alasan para cowok mendengarkan lagu-lagu emo saat galau? Bukannya musik tersebut malah keras dan nggak ada nada-nada sedihnya sama sekali? Buat para cewek, ini nih alasan kenapa cowok denger musik emo saat mereka sedih. Check this out!

Lirik-lirik lagu dari band Emo biasanya menggambarkan perasaan terpendam para cowok yang sulit diungkapkan

Perasaan cowok itu rumit/Credit: Unsplash @heymemento

Salah satu alasan kenapa cowok seneng banget denger lagu Emo pas galau adalah liriknya. Kalau didenger sekilas, musik-musik Emo memang keras dan penuh dengan distorsi, nggak enak banget untuk dibuat jadi teman galau. Namun kalian pasti akan berpikir dua kali saat membaca lirik-lirik lagu dari band-band Emo terkenal. Liriknya begitu dalam dan menggambarkan perasaan paling terpendam para cowok.

Seperti kita tahu, cowok itu paling gengsi dan paling anti untuk memperlihatkan kesedihannya berlebihan. Karena stigma kuat masyarakat yang menyebut cowok itu harus kuat dan jangan gampang menangis, maka para cowok biasanya memendam perasaan sedihnya. Nah, dari sinilah para musisi atau band Emo muncul. Mereka melawan stigma tersebut dan meluapkan semua perasaan sedih para cowok dengan sangat jujur, realistis dan mendalam. Wajar kalau mayoritas pendengar band emo itu para cowok-cowok ambyar. Hehehe~

Musiknya yang penuh distorsi namun tetap melodik sangat cocok untuk dinyanyikan karena bisa melepaskan stress, kesedihan dan emosi seseorang

Mendengarkan dan bernyanyi lagu emo bisa melepaskan emosi/Credit: Unsplash @briant_raw

Perlu diketahui, Emo adalah singkatan dari kata Emotional Music. Musik Emo biasanya penuh dengan distorsi tapi tetap melodik dengan lirik yang sangat ekspresif. Selain liriknya yang ekspresif, musik yang yang bergaya rock dan punk dan penuh melodi ini sangat cocok untuk melepaskan stres, kesedihan dan kemarahan yang dirasakan oleh sang pencipta lagu atau bagi pendengar itu sendiri.

Bayangkan saja kamu sedang merasa galau dan marah serta ingin berteriak. Kamu kemudian mendegar lantunan melodi emo dengan lirik yang sangat mendalam yang dilantuntan dengan gaya bernyanyi scream. Kamu akan mengikuti sang vokalis berteriak dan menumpahkan segala emosi saat itu juga. Biasanya para cowok ikut bernyanyi lagu emo saat sendiri dalam kamarnya. Duh, sedih banget deh pokoknya!

Karena musiknya yang terdengar keras, para cowok mikir kalau emo adalah genre musik yang cocok untuk bersedih namun tetap terlihat gahar

Sedih tapi tetap macho/Credit: Unsplash @sigmund

Selanjutnya ada alasan paling klasik dari para cowok yang sedih dan mendengarkan lagu emo. Cowok ini terlalu gengsi untuk mendengarkan lagu-lagu pop yang memang dirancang untuk membuat lagu-lagu sedih. Karena hal itu, para cowok berfikir bahwa emo adalah genre musik yang cocok untuk bersedih tapi masih terlihat macho karena musiknya yang masuk kategori rock.

Singkatnya, para cowok berpikir bahwa setidaknya mereka tetap terlihat tegar dan sangat ‘laki’ banget kala mendengarkan musik emo saat sedih. Kalau dari luar, musiknya memang tedengar ‘brang-breng-brong’, tapi kalau dirasakan dan didengarkan lebih jauh, musik emo ini emang sangat sedih. Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa cewek yang tahu band emo akan memilih genre ini untuk meluapkan rasa sedih mereka. Kelihatannya tegar banget gitu!

Ada bayak jenis lagu dan musik emo sesuai dengan perasaan para cowok. Bahkan ada banyak band emo di Indonesia yang kualitas lagunya nggak kalah dari band luar negeri

Band Emo ada banyak/Credit: Unsplash @freshseteyes

Alasan terakhir adalah banyaknya pilihan musik atau lagu yang bisa diputar sesuai dengan perasaan dan mood yang sedang kira rasakan. Misalnya, kita sedang merasa sedih, kita bisa mendengar band A. Kita sedang merasa marah kita bisa denger B. Menariknya lagi, kita punya band emo asli Indonesia dengan lirik-lirik bahasa Indonesia yang nggak kalah deep bahkan cenderung lebih jujur dan sangat mengekspresikan perasaan cowok-cowok Indonesia.

Salah satu band emo paling terkenal dan sering banget dijadikan pelampiasan para cowok adalah “Alone At Last”. Band asal Bandung tersebut memiliki sejumlah lagu yang sangat mendalam bagi kaum cowok. Misalkan saja lagu “Muak Untuk Memuja” yang membahas tentang perasaan frustasi seorang pria yang terus menerus mengejar seorang perempuan yang dicintainya. Intinya, musik emo ini beragam dan punya corak tersendiri untuk dijadikan pelampiasan perasaan para cowok.

52oR9e.md.jpg



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *