8 Tips Membeli Mobil Bekas yang Ramah Kantong tapi Kualitasnya OK. Nggak Habis di Servisan

  • Bagikan


Salah satu pilihan yang bisa kamu ambil saat memerlukan kendaraan roda empat dengan anggaran terbatas adalah membeli mobil bekas. Kamu bisa memilih mobil yang sesuai dengan bujet sehingga lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli baru. Namun, banyak orang yang percaya kalau membeli mobil  bekas akan mudah rusak dan akan banyak menghabiskan biaya pemeliharaan. Padahal, hal itu belum tentu benar, kamu hanya perlu lebih cermat saat membelinya.

Memilih mobil bekas tidak bisa sembarangan, ada beberapa tips membeli mobil bekas agar kamu tidak tertipu. Jangan sampai setelah kamu membeli, mobil yang kamu pilih justru menguras kantong karena biaya perawatan dan perbaikan yang besar. Yuk, simak delapan tips memilih mobil bekas yang harus kamu perhatikan sebelum membeli.

1. Pertama, kamu harus memilih tempat pembelian yang terpercaya, datangi showroom dengan stok mobil yang bervariasi

Perhatikan tempat pembelian | Photo by jae park from Pexels

Hal pertama saat akan membeli mobil bekas tentunya adalah mendatangi showroom atau bursa mobil. Tips membeli mobil bekas di showroom adalah dengan mendatangi tempat yang memiliki banyak stok mobil. Dengan begitu, kamu sebagai calon pembeli akan memiliki lebih banyak pilihan. Jangan lupa untuk banyak bertanya mengenai mobil yang akan kamu beli.

Jika kamu tidak membeli mobil secara langsung, tips membeli mobil bekas online adalah dengan memerhatikan status penjual, foto mobil yang dipajang, legalitas mobil, dan tetap mengecek mobil secara langsung sebelum kamu memutuskan membeli.

2. Kedua, periksa riwayat servis mobil yang akan kamu beli untuk mengetahui mobil dirawat secara berkala atau tidak

Periksa riwayat servis | Photo by Pixabay from Pexels

Setiap kendaraan tentu memerlukan servis secara berkala untuk menjamin mobil bisa dioperasikan. Jika mobil memiliki jadwal rutin untuk servis, maka kamu tidak perlu khawatir karena mobil itu berarti dalam kondisi yang baik dan layak. Saat memilih mobil bekas untuk pemula, kamu juga perlu memastikan apakah mobil bekas yang kamu incar melakukan servis rutin di bengkel yang resmi atau tidak. Akan lebih baik kalau jasa bengkel dalam riwayat servis tersebut adalah jasa bengkel resmi.

3. Ketiga, cek interior dan aksesori untuk memastikan semua berfungsi dengan baik

Cek interior | Photo by Radu Daniel ( MRD ) from Pexels

Setelah memastikan mobil diservis secara berkala, kamu wajib memeriksa interior mobil, mulai dari dashboard, jok, karpet, audio, sampai lampu kabin. Pastikan juga ada fitur keselamatan sabuk pengaman, lampu hazard, hingga AC di dalamnya berfungsi dan terasa dingin. Tips ini juga berlaku saat kamu membeli mobil bekas tahun 90-an, hanya saja disesuaikan dengan fitur masing-masing mobil. Kamu juga bisa melihat mobil yang akan kamu beli merupakan bekas banjir atau tidak dari pengecekan interior ini.

4. Keempat, cek bodi kendaraan mulai dari pintu, kap, kaca, hingga cat mobil

Periksa bodi kendaraan | Photo by Denniz Futalan from Pexels

Memilih merek mobil bekas yang bagus tidak menjamin kendaraan masih dalam kondisi yang bagus pula. Kamu tetap harus memeriksa keutuhan bodi mobil, meliputi panel pintu, kap mesin, kaca, sampai cat mobil. Dari pengecekan itu, kamu bisa mengetahui apakah mobil yang akan kamu beli memiliki bodi yang asli atau tidak. Jika mobil memiliki bodi asli, maka tidak ada perubahan struktur rangka mobil. Jika pernah diubah, maka akan ada perbedaan warna cat di beberapa bagian.

5. Kelima, cek kondisi mesin di semua komponennya. Periksa secara menyeluruh apakah ada kebocoran atau tidak

Cek mesin mobil | Photo by Chad Kirchoff on Unsplash

Pemeriksaan mesin menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan saat akan membeli mobil bekas. Kamu bisa membuka kap mesin dan menyalakannya supaya kamu bisa memerhatikan semua komponen dan suara mesin. Tips membeli mobil bekas, baik matic ataupun manual, adalah memastikan tidak ada komponen yang bergetar dan menimbulkan suara yang tidak semestinya saat dinyalakan. Periksa juga apakah terdapat kebocoran oli atau komponen lainnya.

6. Keenam, pastikan dokumen mobil lengkap dan nomor mesin sesuai dengan yang tertera pada surat

Periksa kelengkapan dokumen | Photo by Gustavo Fring from Pexels

Tips membeli mobil bekas jangan hanya terpaku pada harga yang murah saja. Kamu tidak boleh melewatkan pemeriksaan dokumen mobil yang kamu incar. Pastikan surat-surat lengkap, cek nomor rangka mobil dan nomor mesin, dan sesuaikan dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).

7. Jika tidak yakin, lebih baik kamu membawa mekanik ahli untuk menilai baik buruknya mobil bekas

Bawa mekanik | Photo by Anthony Shkraba from Pexels

Sebagai pemula, kamu mungkin tidak yakin memiliki kemampuan menilai mobil yang baik atau yang buruk. Untuk itu, tips membeli mobil bekas untuk pemula adalah dengan membawa mekanik atau teman yang ahli. Dengan begitu, kamu akan lebih yakin untuk memilih mobil mana yang lebih cocok kamu miliki. Dengan membawa mekanik ahli, mereka juga akan lebih mengetahui cara menawar mobil bekas.

8. Terakhir, jangan lewatkan untuk test drive untuk mengetahui laju kendaraan hingga kenyamanannya

Test drive | Photo by why kei on Unsplash

Memilih mobil bekas untuk keluarga tentu tidak boleh sembarangan. Kita harus memperhatikan kenyamanan saat nantinya akan dipakai. Untuk itu, kamu perlu melakukan test drive atau mencoba langsung untuk mengetahui kondisi mobil saat dikendarai. Saat kamu melakukan test drive, perhatikan laju kendaraan, tarikan gas, rem, hingga transmisi mobil supaya kamu bisa menilai kenyamanan mobil yang akan kamu beli.

Itu dia delapan hal yang harus kamu cermati sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas. Kalau sudah memperhatikan tips ini, kamu jadi nggak ragu lagi deh untuk membeli mobil bekas!



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *