Wilayah Cerme Gresik Jadi Tempat Singgah Burung Migran Mongolia

  • Bagikan
alexametrics


TOPNEWS.MY.ID- Siapa sangka, wilayah sekitar Kali Lamong Gresik yang lebih dikenal dengan langganan banjir, menjadi tempat migrasi dua jenis burung dari Mongolia. Berdasar studi, burung tersebut melakukan migrasi untuk mencari suhu yang hangat ketika di Mongolia sedang musim dingin.

Menurut Happy Gerdiansyah, pengamat burung Surabaya, burung tersebut bernama dara laut tiram. Memiliki nama Latin Sterna nilotuca. ’’Ini dari Mongolia Timur, mereka mampir mencari makan dengan terbang rendah untuk mendapatkan ikan di area tambak Desa Jono, Cerme,’’ ujarnya.

Tidak hanya sampai di Cerme. Setelah singgah di Indonesia, burung tersebut akan melanjutkan perjalanan hingga ke Australia. Burung-burung itu memiliki ras. Yakni, subspesies G.N. affinis. Nah, dalam bulan-bulan ini, Happy menyebut sudah memasuki musim migrasi.

Biasanya, lanjut dia, ras affinis itu melakukan migrasi secara berkelompok. Namun, burung-burung muda melakukan migrasi secara individu dan lebih lama tinggal di tempat migrasi. ’’Apabila usia sudah dewasa, burung-burung ini akan gabung dengan kelompok mereka,” jelas lelaki yang memiliki lisensi birdbander internasional itu.

Burung tersebut sejenis dengan burung kuntul kecil atau Egretta garzetta. Beberapa cirinya memiliki bulu berwarna putih keseluruhan, paruh hitam serta kuning, dan kaki hitam. ’’Di wilayah mangrove Gresik juga ditemui burung ini,’’ paparnya.

Tidak hanya di area tambak Cerme. Di muara Bengawan Solo, Ujungpangkah, yang sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekosistem Esensial (KEE), juga menjadi tempat migrasi burung. Yakni, dari Australia. Terutama spesies burung Pelikan.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *