Tingkatkan Pelayanan Pelanggan PDAM Lewat Aplikasi Si AGAN

  • Bagikan


SEMARANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal diharapkan dapat meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat melalui aplikasi Informasi Pelanggan (Si AGAN).

Hal itu disampaikan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada peluncuran aplikasi Si AGAN Tirta Moedal di Gedung Joglo PDAM setempat, Selasa (12/10/2021). Menurutnya, selama ini metode pengaduan pelanggan PDAM yang masih belum ideal. Sebab, dirinya masih sering menerima aduan terkait PDAM di media sosial pribadinya, karena kurang mendapatkan respon pada hotline pengaduan yang telah disediakan PDAM. Sehingga, dengan aplikasi tersebut, bisa menjadi harapan baru pelanggan dalam mendapatkan kepastian tindak lanjut laporan.

“Maka semoga aplikasi Si AGAN yang diluncurkan hari ini dapat tersosialisasikan dengan baik kepada seluruh pelanggan, dan dapat benar-benar berdampak pada peningkatan pelayanan PDAM. Sehingga, tidak hanya berbicara keuntungan, tapi juga peningkatan pelayanan pelanggan,” ungkap Hendi, sapaan akrabnya.

Hendi yakin, dengan pengelolaan pengaduan yang lebih baik, kepercayaan masyarakat untuk menggunakan layanan PDAM juga dapat menguat, sehingga, terjadi peningkatan pendapatan.

“Hari ini, brand image atau citra perusahaan menjadi hal yang penting dalam pengembangan perusahaan ke depan. Maka, kepercayaan masyarakat kepada PDAM Tirta Moedal juga menjadi penting untuk ditingkatkan. Pelayanan yang buruk dan tak responsif atas keluhan pelanggan harus menjadi perhatian untuk kinerja PDAM,” tegas Hendi.

Menurutnya, masyarakat pasti akan sangat senang sekali bila komplain mereka ditanggapi. Terlebih, jika aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk mengecek info tagihan air, hingga melakukan pendaftaran sambung baru secara online.

Hendi menambahkan, masukkan-masukan tersebut disampaikannya bukan tanpa alasan. Pasalnya, PDAM saat ini menjadi salah satu perusahaan daerah yang menyumbang deviden terbesar bagi Pendapatan Asli Daerah Kota Semarang.

“Puncak dari pembayaran deviden tertinggi ada pada Perumda ini pada beberapa tahun terakhir, tapi yang paling penting, pelayanannya juga harus prima,” pungkas Hendi.

Direktur Utama PDAM Tirta Moedal Yudi Indardo berharap, aplikasi Si AGAN dapat memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dan meningkatkan kinerja pelayanan PDAM.

Disampaikan, pada tahun ini, pihaknya telah menyumbang Rp30 miliar untuk PAD Kota Semarang.

“Ini tertinggi dari pada tahun-tahun sebelumnya. Mudah-mudahan, tahun ini bisa naik lagi,” ungkap Yudi.

Penulis: Kontributor Kota Semarang
Editor: Di, Diskominfo Jateng



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *