Timses Jokowi jadi Pansel KPU-Bawaslu, Ini Tanggapan Istana

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Mantan Timses Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 yang juga Deputi IV Kantor Staf Presiden Juri Ardiantoro terpilih sebagai Tim Pansel calon Anggota KPU dan Bawaslu. Dia dikritisi karena rentan dengan konflik kepentingan.

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini mengatakan, semua pihak yang terlibat di dalam tim pansel bakal bekerja dengan kapasitas, kemudian mempunya track record dan akan melakukan seleksi secara profesional.

“Semuanya bekerja dengan kapasitas, track record, dan profesionalismenya masing-masing. Integritas mereka teruji dan keilmuannya juga kuat semua,” ujar Faldo kepada TOPNEWS.MY.ID, Rabu (13/10).

Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini menuturkan, penunjukan Tim Pansel KPU-Bawaslu ini juga sudah sesuai dengan aturan dan Undang-Undang yang berlaku. Karena adanya perwakilan dari pemerintah sebanyak tiga orang, yang berasal dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kantor Staf Presiden (KSP) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kami kira semuanya masih sesuai dengan aturan dan UU yang berlaku. Perwakilan pemerintah hanya tiga orang di sana, yakni Kementerian Hukum dan HAM, KSP, dan Kemendagri,” katanya.

Mengenai keberadaan Poengky Indarty di tim pansel calon anggota KPU-Bawaslu, Faldo mengatakan bahwa dia adalah perwakilan tokoh masyarakat dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

“Beliau adalah seorang aktivis dan praktisi hukum mumpuni, yang merupakan perwakilan tokoh masyarakat di Kompolnas. Di Kompolnas kan ada perwakilan polisi, ada perwakilan pemerintah yaitu beberapa menteri, dan ada perwakilan masyarakat. Ibu Poengky adalah perwakilan masyarakat di sana. Persis seperti tim seleksi ini,” ungkapnya.

Diketahui sebelumnya Presiden Jokowi menetapkan 11 orang Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027. Penunjukan telah diresmikan lewat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 120/P Tahun 2021.

Sementara daftar 11 anggota Tim Seleksi tersebut di antaranya, yakni Juri Ardiantoro menjabat sebagai Ketua Merangkap Anggota Timsel, Chandra M Hamzah sebagai Wakil Ketua Merangkap Anggota, dan Bahtiar sebagai Sekretaris Merangkap Anggota.

Sementara delapan anggota lainnya, yakni Edward Omar Sharif Hiariej, Airlangga Pribadi Kusman, Hamdi Muluk, Endang Sulastri, I Dewa Gede Palguna, Abdul Ghaffar Rozin, Betti Alisjahbana, dan Poengky Indarty.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *