Sudah Tahu Belum Kalau 5 Wisata Religi di Subang Ini Cocok Dikunjungi Saat Maulid Nabi, Yuk Kunjungi

  • Bagikan
Sudah Tahu Belum 5 Wisata Religi di Subang Ini Cocok Dikunjungi Saat Maulid Nabi - Foto 1


TOPNEWS.MY.ID  Subang menjadi salah satu kota tujuan wisata di Jawa Barat. Kota yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat ini memiliki deretan wisata alam yang indah.

Namun siapa sangka, jika di wilayah yang memiliki julukan sebagai Kota Nanas ini ternyata memiliki deretan wisata religi yang cocok dikunjungi di bulan Maulid ini.

Penasaran kan? Berikut lima wisata religi di Subang pilihan TOPNEWS.MY.ID. Yuk, lihat.

1. Masjid Ath-Thoyyibah 

Masjid Ath-Thoyyibah / Instagram @kamariari

Daftar wisata religi di Kota Subang yang cocok dikunjungi saat bulan Maulid adalah Masjid Ath-Thoyyibah. Masjid yang dibangun tahun 2015 ini memiliki sebutan Replika Baitullah. Kita bisa melihat istilah Replika Baitullah itu dari bangunan Masjid Ath-Thoyyibah yang berbentuk persegi dan sengaja dibangun sama persis dengan Ka’bah.

Tak hanya itu, terdapat bangunan mirip dengan Bukit Shafa dan Marwah hingga Hajar Aswad. Tujuannya agar dapat mengobati rasa rindu kita akan beribadah di tanah suci Makkah.

Dalam menambah kesan nyata dari Masjidil Haram dan Baitullah, Masjid Ath-Thoyyibah juga dilengkapi dengan replika dari Hijr Ismail, yaitu tempat mustajab untuk berdoa di depan Ka’bah, serta jejak kaki Nabi Ibrahim AS sebagai penanda makam yang terletak di sekitar area masjid.

Lokasi: Jalan Raya Kalijati Timur No 64, Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang.

2. Masjid Jami As-Sa’adah 

Sudah Tahu Belum 5 Wisata Religi di Subang Ini Cocok Dikunjungi Saat Maulid Nabi - Foto 2

Masjid Jami As-Sa’adah / Instagram @argabinaengineering

Nama Masjid Jami As-Sa’adah  diambil dari pendirinya, yaitu Hj Elizabeth Sa’adah. Meski bangunan masjid berada di dalam komplek Resort Lembah Sarimas, namun tak membuat masjid megah ini menjadi eksklusif. Siapa saja bisa beribadah dengan khusuk di masjid ini.

Selain digunakan sebagai tempat ibadah dan aktivitas keagamaan lainnya, pihak resort juga memaksimalkan keberadaan masjid dengan membuat paket wisata religi saat bulan Ramadhan. Paket tersebut terdiri dari i’tikaf, ceramah, dan pendampingan rohani. Sebuah terobosan dalam konsep wisata religi yang patut diapresiasi karena jarang dimiliki oleh resort penginapan lain.

Lokasi: Jalan Raya Subang-Bandung, Desa Palasari, Ciater, Palasari, Subang, Kabupaten Subang.

3. Masjid Agung Al-Musabaqoh 

Sudah Tahu Belum 5 Wisata Religi di Subang Ini Cocok Dikunjungi Saat Maulid Nabi - Foto 3

Masjid Agung Al-Musabaqoh / Instagram @masjidinfo.id

Selanjutnya ada nama Masjid Agung Al-Musabaqoh yang didirikan pada tahun 1978 diatas tanah wakaf dengan luas 10.000 meter persegi. Masjid kebanggaan masyarakat Subang ini memiliki daya tampung 1.000 jamaah.

Karena letaknya tidak jauh dari alun-alun Kota Subang, membuat masjid ini selalu ramai dikunjungi. Terlebih pada bulan Ramadhan, masjid ini menjadi favorit destinasi ngabuburit  bagi warga sekitar.

Lokasi: Jalan RA Wangsa Ghofarana No 7, Desa Karanganyar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang.

4. Makam Nyimas Dewi Kawunganten 

Sudah Tahu Belum 5 Wisata Religi di Subang Ini Cocok Dikunjungi Saat Maulid Nabi - Foto 4

Makam Nyimas Dewi Kawunganten / kawunganten-cikaum

Dilansir dari laman Berita Subang, Nyimas Dewi Kawunganten merupakan istri dari Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Sehingga dari nama itulah muncul nama desa Kawunganten.

Lokasi: Desa Kawunganten, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang 

5. Makam Mbah Dongdo 

Sudah Tahu Belum 5 Wisata Religi di Subang Ini Cocok Dikunjungi Saat Maulid Nabi - Foto 5

Makam Mbah Dongdo / ayopiknik

Menurut beberapa sumber, Mbah Dongdo memiliki nama asli Syekh Antafani. Beliau merupakan seorang penyebar agama islam pertama di Kabupaten Subang. Hingga kini makam Mbah Dongdo kerap dikunjungi masyarakat setempat terutama menjelang bulan suci ramadhan.

Lokasi: Jalan Eyang Dongdo, Desa Karanganyar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang.

Yuk ziarah. []



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *