Menjawab Pertanyaan Penting, Apakah Banyak Minum Air Putih Bisa Bikin Kulit Glowing?

  • Bagikan


Bukan rahasia jika meminum air putih memiliki manfaat yang melimpah. Dengan air putih kita bisa menjaga tubuh yang 70 persen air ini tetap terhidrasi. Minum air putih juga dipercaya dapat menjaga kulit tetap kenyal dan juga sehat. Banyak banget yang percaya, banyak minum air putih bisa bantu kulit jadi ekstra glowing.

Nah, akan tetapi ada nggak nih SoHip yang merasa sudah minum air putih cukup, tapi kondisi kulit masih gitu-gitu aja? Padahal ya kepengin glowing kayak selebgram hits. Coba simak dulu deh penjelasannya berikut ini.

Kecukupan air putih memang bisa mempengaruhi, namun harapan menjadi glowing akan sia-sia jika makan dan minummu masih sembarangan

Makan sembarangan terus | Credit: Photo by Polina Tankilevitch from Pexels

Melansir dari laman Byrdie, tiga orang pakar yaitu Caroline Cederquist penulis dari The MD Factor Diet, dermatolog Joshua Zeichner dan dermatolog sekaligus dokter bedah Margarita Lolis memaparkan bahwa air minum memang benar bisa menghidrasi kulit namun untuk mendapat kulit yang glowing dibutuhkan pola makan yang juga seimbang

“Ya, tapi hal ini juga adalah kombinasi dari pola makan yang seimbang, yang meliputi protein dan lemak sehat sekaligus selalu cukup minum,” ujar Caroline.

Minum air putih secara keseluruhan merupakan hal yang baik untuk kesehatan. Air putih akan tetap menghidrasi tubuh secara umum

Margarita pun menambahkan bahwa “Sebenarnya, ketika Anda minum air, hal itu tidak otomatis langsung menuju kulit. Air akan menghidrasi sel begitu terserap ke dalam aliran darah disaring oleh ginjal”. Selanjutnya ia berpendapat bahwa minum air putih secara keseluruhan merupakan hal yang baik untuk kesehatan. Air putih akan tetap menghidrasi tubuh secara umum.

Kurangnya cairan tubuh memang bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Melansir dari Alodokter penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih agar kulit tetap terhidrasi serta menjaga dan mengembalikan kelembapan kulit. Tapi tentunya tetap diimbangi dengan pola makan yang baik dan seimbang.

Tidak hanya dua liter per hari, ternyata kebutuhan akan air putih berbeda-beda bagi setiap orang

Jangan lupa minum air putih Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Caroline mengungkapkan bahwa ideal bagi seseorang untuk minum dua liter per “Aku menyarankan tambahan 250 ml untuk setiap kelebihan berat badan sebanyak 10 kg. Misalnya jika seseorang kelebihan berat badan sebanyak 20 kg, dia butuh air sebanyak 2 liter ditambah 500 ml (250×2).” ungkapnya.

Sedangkan Margarita menyarankan jumlah yang berbeda. “Menurut Institute of Medicine, sarannya adalah: untuk pria itu sekitar 13 gelas air setiap hari, dan setidaknya 9 gelas per hari untuk wanita,”. Akan tetapi hal tersebut mengacu pada keseluruhan asupan cairan yang dikonsumsi setiap hari, termasuk makanan yang mengandung air.

Untuk menjaga kulit tetap lembab dan sehat perlu dilakukan perawatan dari luar. Hindari mandi terlalu lama, serta jangan lupa sunscreen secara rutin ya!

Jangan lupa sunscreen meski diem di rumah aja Photo by Moose Photos from Pexels

Para pakar menyarankan beberapa hal yang bisa dilakukan setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit. Di antaranya  menggunakan pembersih yang lembut untuk menggantikan sabun serta mengganti produk perawatan kulit menjadi non alkohol. Jangan mandi air hangat dalam waktu lama serta rajin memakai pelembab tepat setelah mandi.

Sementara itu menjaga kulit dari luar juga tak kalah penting seperti halnya tidak merokok, meminum alkohol, menghindari stres, tidak begadang hingga menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Dilansir dari laman Hello Sehat kita harus melindungi kulit dari matahari terutama pada jam 10.00 hingga 16.00. Untuk itu disarankan menggunakan pakaian pelindung, seperti baju/kemeja lengan panjang, celana panjang, atau topi. Serta mengenakan tabir surya juga tak kalah penting dengan SPF (sun protection factor) lebih dari 15.

SoHip, dengan air putih tentu kita bisa menjaga kesehatan kulit dan mengusahakan agar glowing. Hanya saja, banyak faktor yang menentukan itu semua, percuma kalau minum air putih tapi nggak makan sehat, olahraga teratur, tidur cukup dan abai pakai sunscreen. Semoga artikel ini bisa membantu~



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *