Mengenal Fungsi dan Jenis-Jenis RAM

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan RAM kan? RAM atau Random Access Memory merupakan suatu perangkat keras (hardware) yang memiliki peran penting.

Perangkat yang satu ini memproses data yang masuk secara beragam ke memori. RAM juga merupakan tempat penyimpanan data sementara (memori). Selain sebagai tempat penyimpanan data sementara, RAM juga membantu proses loading dalam sebuah komputer. 

Fungsi RAM sendiri akan bekerja maksimal tergantung dengan kapasitas dan kecepatan akses datanya. Semakin besar RAM yang digunakan maka semakin cepat proses membuka program atau software.

Karenanya, banyak yang memasang RAM dengan kapasitas besar untuk menunjang performa komputer atau laptop itu sendiri. 

Pada umumnya fungsi RAM sendiri adalah mempercepat proses kinerja processor dalam pengolahan data. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fungsi dari RAM. 

  • Sebagai penyimpan data sementara

Fungsi RAM yang satu ini sempat disinggung di atas. RAM memang memiliki fungsi utama sebagai penyimpan data yang berjangka sementara, sehingga membuat RAM dapat mengolah data menjadi lebih cepat. Pada sebuah program yang dijalankan atau dibuka, RAM akan berguna sebagai tempat penyimpanan data tersebut. Data yang telah diterima akan diteruskan oleh RAM ke Central Processing Unit untuk dikelola atau olah data.

  • Mempercepat performa pemrosesan informasi data

Seperti yang sudah diketahui, RAM dengan kapasitas besar dapat memproses informasi data dengan sangat cepat. Dalam hal ini RAM membantu mempercepat performa pemrosesan informasi data yang diterima, kemudian diteruskan ke CPU. Di sini CPU tidak akan terhambat, karena proses penyimpanan yang diteruskan oleh RAM ke CPU telah terbantu dengan pemrosesan oleh RAM.

  • Menentukan spesifikasi komputer

RAM juga berfungsi sebagai dasar dalam membeli sebuah komputer. Selain kualitas performa CPU, kapasitas RAM yang diberikan komputer juga perlu menjadi pertimbangan sebelum membeli komputer. Hal ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan kamu dalam menggunakan komputer. 

Setelah mengetahui fungsi RAM, kamu juga perlu mengetahui jika RAM sendiri memiliki beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis RAM tersebut.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *