Gempa Magnitudo 4,8 di Pacitan Termasuk Gempa Dangkal

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID–Telah terjadi gempa bumi pada Rabu (13/10) di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Gempa tektonik itu terjadi pada pukul 12.00.

Kepala Stageof Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) Sleman Ikhsan memastikan, gempa tersebut terjadi dengan besaran 4,8 magnitudo. Episenter gempa bumi terletak di koordinat 8,87 LS dan 110,97 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km arah barat daya Pacitan, Jatim. Pusat gempa berada di kedalaman 55 km.

”Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal,” terang Ikhsan.

Dia menjelaskan, gempa tersebut terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia di Samudra Hindia, selatan Jawa. Tidak tercatat aftershock atau gempa susulan.

”Akibat gempa bumi ini, beberapa wilayah juga merasakan guncangan. Pacitan, Wonogiri, Treggalek, Gunung Kidul III MMI,” ujar Ikhsan.

Menurut dia, di tempat-tempat tersebut, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *