Gempa Magnitudo 4,8 di Pacitan Dirasakan Hingga ke Jogja

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Gempa magnitudo 4,8 mengguncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur sekitar pukul 12.00 WIB. Gempa tersebut juga dirasakan hingga ke wilayah Jogjakarta.

“Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M=4.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,87 LS dan 110,97 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km arah Barat Daya Pacitan – Jatim, pada kedalaman 55 km,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangannya, Rabu (13/10).

Rahmat menjelaskan, jenis dan mekanisme gempa bumi berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Samudra Hindia, Selatan Jawa.

Gempa ini dirasakan di Pacitan, Wonogiri, Treggalek, Gunungkidul III MMI. Getaran dirasakan nyata saat berada di dalam rumah

“Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” ucap Rahmat.

Bahkan, gempa tersebut juga dirasakan hingga ke Bantul, Jogjakarta dengan besaran getaran II MMI. Masyarakat sekitar merasakan getaran benda-benda yang tergantung bergoyang.

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” ungkap Rahmat.

BMKG pun memastikan, hingga pukul 12.40 WIB, tidak tercatat gempa susulan. Oleh karena itu BMKG mengimbau, masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Serta diimbau untuk memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pungkas Rahmat.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *