Bahasa Arab Efektif sebagai Bahasa Komunikasi Hubungan Kemitraan Indonesia dengan Bangsa-bangsa Arab

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID  Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang sangat populer dan sering sekali dipelajari oleh para pelajar, khususnya di Indonesia. Terlebih kepada pelajar yang tidak mengenyam pendidikan di pondok pesantren. Alasan lain yang menjadi sebab kurang diminatinya bahasa Arab adalah karena pembelajarannya yang sulit.

Bahasa Arab digunakan secara aktif oleh sekitar 280 juta penduduk dunia, yang sebagian besar berada di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Bahasa Arab juga menjadi bahasa ibu di hampir 25 negara, dan juga telah menjadi salah satu bahasa resmi yang diakui dan dipakai dalam sidang resmi PBB. 

Saat ini, bahasa Arab telah menjadi bahasa asing yang banyak dipelajari akademisi di berbagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Lebih dari itu, bahasa Arab juga dipelajari di berbagai perguruan tinggi di Barat, baik dalam kaitan area studies atau studi kawasan, cross culture atau studi lintas budaya, maupun sebagai bagian dari kajian Islamic studies.

Di Indonesia, bahasa Arab telah lama dipelajari di berbagai institusi pendidikan, namun seperti alasan di atas, bahwa bahasa Arab masih belum mampu berkembang dengan baik di tanah air jika dibandingkan dengan perkembangan bahasa asing lainnya seperti bahasa Inggris. Meskipun kedua bahasa tersebut menjadi mata pelajaran yang dipelajari di jenjang pendidikan dasar.

Keberadaan bahasa Arab juga masih dianggap sebagai bahasa Agama, akibatnya banyak yang sudah merasa puas dengan mempelajari khazanah keagamaan klasik tanpa perlu menguasai keterampilan komunikatif lainnya. Bahkan ada yang merasa belajar bahasa Arab hanya sekedar untuk membaca Al-Qur’an saja. Tidak untuk yang lainnya.

Arabic Lingual Center (ARLIC) Indonesia melaunching BUKU AL-LISAN AL-UMM dengan Metode pembelajaran Alternatif untuk Meningkatkan keterampilan berbahasa, komunikasi antar budaya, dan kemitraan Indonesia-Arab. Launching silsilah al-Lisaan al-Umm dilaksakan mengunakan protokol kesehatan bertempat di Hotel Kartika Chandra Gatot Subroto (Ballroom Dieng), Selasa (12/10/2021).

Dalam acara ini turut hadir sebagai narasumber yaitu Prof DR H Said Aqil Al munawarman, Ustadz Yusuf Manssur (Pimpinan DAQU / DaI) , Dr. Hj Ifa Faizah Rahmah Mpd, Ustadzah Rita Febrianta (Dosen IAIN Bukit Tinggi), Dr Tulus Ketua IMLA (Dosen UIN Suka Yogyakarta) dan Habib Dr Ali Hasan al-Bahar Lc, MA.

Diharapkan dengan adanya buku ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab di Indonesia. sehingga belajar bahasa Arab benar-benar efektif untuk memberikan keterampilan berkomunikasi dalam hubungan kemitraan yang saling menguntungkan TOPNEWS.MY.ID Indonesia dan negara-negara Arab. []



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *