Aji Santoso Gembleng Mental Pemain Persebaya Surabaya | Bolaindo

  • Bagikan



Aji Santoso menyoroti segala kekurangan dari Persebaya Surabaya selama seri pertama Liga 1 2021/22. Pertahanan jelas menjadi sorotan karena Green Force kebobolan 12 kali dari enam pertandingan seri pertama.

Menurut tim pelatih Persebaya, penyebab dari hal tersebut tak lepas dari bagaimana mental para pemain. Skuad Persebaya yang banyak dihuni para pemain muda membuat mereka belum mumpuni dari segi mental bertanding.

Akhirnya, gawang Persebaya kerap mudah dibobol secara bertubi-tubi, termasuk ketika menghadapi PSM Makassar pada 18 September lalu, di mana Rachmat Irianto harus menelan kekalahan dengan skor mencolok, 3-1.

”Faktor penting di pertandingan adalah mentalitas. Jadi saya push anak-anak agar mentalitas mereka siap untuk seri kedua,” kata Aji seperti dilansir dari laman resmi Persebaya, Rabu, 13 Oktober.

”Dalam latihan dan di luar latihan saya ajarkan bagaimana mentalitas yang bagus. Bagaimana mentalitas yang kuat itu, bagaimana pede [percaya diri], semua sudah saya sampaikan,” sambung pemegang lisensi AFC Pro ini.

Mantan juru taktik PSIM Jogja itu menuturkan, dirinya pernah membuat mental pemain Persebaya bangkit kala terpuruk. “Pelatih harus bisa jadi psikolog untuk pemainnya. Sudah kita buktikan waktu jadi runner-up musim 2019,” kata dia.

Meski sangat banyak pemain muda yang minim pengalaman di Liga 1, Persebaya juga tidak kekurangan pemain senior yang semestinya bisa membimbing para junior mereka. Nama-nama itu ada pada Samsul Arif, hingga sosok Rendi Irwan.

Peran pemain senior sangat penting bukan hanya di dalam lapangan kala bertanding, tapi juga di luar lapangan. ”Karena yang junior masih belum berpengalaman. Dengan saling mengisi seperti itu akan bisa membantu mentalitas tim,” tandasnya.

Musim ini Persebaya belum pernah bermain imbang dari enam penampilan yang mereka jalani. Total enam poin dikemas oleh Bajul Ijo, hasil dua kemenangan atas TIRA Persikabo dan PSS Sleman, sementara empat laga lain berujung kekalahan.

Berita Terkait



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *