Wisata Papua Barat, Rekomendasi Trip Satu Hari di Raja Ampat

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Jakarta – Wisatawan yang hendak berlibur ke Raja Ampat, Papua, sebaiknya membuat rencana trip yang sesuai dengan waktu, tempat, dan jarak tempuhnya. Setiap perjalanan mesti terencana dan menyasar destinasi wisata yang menarik. Dengan begitu, waktu berlibur tidak sia-sia dan mendapatkan pengalaman berkesan.

Saat berwisata ke Raja Ampat, yang tak boleh dilewatkan adalah keindahan bawah laut, Pulau Misol, dan Pulau Waigeo yang selalu menjadi incaran wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Jika kamu hanya punya waktu satu hari di Raja Empat, sebaiknya tinggal saja di Waigeo kemudian menjalani one day trip dengan destinasi wisata berikut:

  • Bukit Pianemo
    Bukit Pianemo merupakan gugusan karst di dekat pulau besar Waigeo di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Terletak di Groot Fam, Saukabu, Kepulauan Waigeo Barat, butuh waktu dua jam menggunakan kapal cepat dari Kota Sorong untuk sampai ke tempat ini.

    Pemandangan gugusan bukit karst dari puncak Bukit Pianemo. TEMPO | Alfan Noviar

    Pianemo dikenal juga dengan sebutan miniatur Wayag. Wayag adalah salah satu gugusan pulau karst di Raja Ampat. Untuk mencapai puncak Bukit Pianemo juga tidak mudah. Perlu menapaki 320 anak tangga atu sekitar 20 sampai 30 menit hingga sampai di puncak.

  • Telaga BintangDestinasi wisata Bukit Telaga Bintang di Raja Ampat, Papua Barat. TEMPO | Alfan Noviar

    Hanya berjarak tiga menit dari Bukit Pianemo, telaga bintang menawarkan keindahan yang tak kalah dari tempat lain. Dari puncak bukit akan terlihat tanjung berbentuk bintang. Butuh waktu lima menit untuk mencapai puncak Bukit Telaga Bintang. Wisatawan harus berhati-hati ketika mendaki ke puncak bukit. Jalan sempit dan terjal menjadi tantangan saat mendaki.

  • Pulau Friwen

    Pantai pasir putih di Pulau Friwen, Raja Ampat, Papua Barat. TEMPO | Alfan Noviar

    Raja Ampat juga punya pantai cantik di Distrik Waigeo Selatan. Pulau Friwen namanya. Pantai pasir putih terbentang sejauh tiga kilometer. Lautnya tenang dan jernih. Konon, pantai di Pulau Friwen lebih indah dari Pulau Marsua dan Pulau Kri. Lokasi ini cocok untuk melakukan aktivitas selam atau diving bagi profesional dan pemula. Panorama bawah laut di pulau ini memanjakan mata kita.

  • Pasir Timbul Raja Ampat
    Destinasi selanjutnya adalah pasir timbul dengan perjalanan 30 menit dari Pulau Friwen. Pasir Timbul ini ada di Kepulauan Sembilan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Keindahan destinasi wisata ini terlihat dari pasirnya yang putih lembut dan membentang panjang sampai 200 meter.

    Pasir Timbul sepanjang 200 meter yang bisa dijelajahi wisatawan di Raja Ampat, Papua. TEMPO | Alfan Noviar

    Pasir Timbul muncul di waktu tertentu saat air laut surut. Pasir Timbul ini akan terlihat di pagi hari, sekitar pukul 06.00, siang sekitar pukul 11.00, dan sore sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

  • Kampung Wisata Swandarek
    Kampung Swandarek jadi destinasi wisata terakhir yang bisa dikunjungi di Kabupaten Raja Ampat jika wisatawan hanya punya satu hari untuk berkeliling. Terletak di Distrik Meos Mansar, Raja Ampat, Papua Barat, kampung ini menawarkan pesona bawah laut yang indah.

    Kampung Wisata Swandarek di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. TEMPO | Alfan Noviar

    Sulit rasanya jika tidak menikmati air laut yang jernih bak kaca jika tiba di kampung ini. Dari atas dermaga, kita bisa menyaksikan berbagai jenis ikan berenang bebas. Bahkan berenang bersama ikan hiu paus pun bisa kita lakukan di tempat ini.

    Perairan di Kampung Wisata Swandarek adalah surga bawah laut bagi pemula yang ingin snorkling. Tak perlu jauh menyelam untuk menikmati terumbu karang berwarna-warni dan ikan-ikan jinak yang akan mendekat jika kita beri makanan.

Itulah lima destinasi wisata di Raja Ampat, Papua Barat, yang bisa kamu kunjungi dalam satu hari. Tetap disiplin protokol kesehatan.

Baca juga:
Raja Ampat Siap Sambut Atlet PON Papua yang Mau Mampir Wisata



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *