Startup SP Automotive Yunani Bikin Mobil Ultracar Chaos 3.000 HP

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Jakarta – Perusahaan startup asal Yunani, SP Automotive, membuat mobil jenis ultracar pertama di dunia. Mobil yang diberi nama Chaos ini memiliki output tenaga mencapai 3.000 HP.

Melansir Carscoops hari ini, Rabu, 13 Oktober 2021, SP Automotive akan memulai debut perdana ultracar Chaos pada 1 November 2021. Ultracar adalah sebutan untuk mobil di atas supercar dan hypercar.

Perusahaan Yunani tadi menyebut ultracar ini hanya akan diproduksi 20 unit saja di dunia. Pengiriman tahap pertama kepada konsumen akan dilakukan awal 2022.

“Mobil ultra ini berbeda dengan mobil bertenaga buas lainnya. Mungkin responsnya juga tidak sama seperti yang lainnya,” kata pendiri SP Automotive, Spyros Panopoulos.

Chaos hadir dalam dua varian, yakni standar bertenaga 2.000 HP di 11.000 rpm dan varian top-of-the-line 3.000 HP di 12.000 rpm.

Soal harga, versi standar dibanderol USD 6,4 juta atau sekitar Rp 90,993 miliar. Sedangkan varian tertingginya USD 14,4 juta atau sekitar Rp 204,7 miliar.

Harga Chaos memang jauh lebih mahal dari model supercar buatan Rimac dan Buggati. Namun, SP Automotive mengklaim harga tersebut sebanding dengan performa Chaos.

Ultracar Chaos ini dibekali mesin V10 twin-turbo berkapasitas 4.000 cc. Blok mesinnya terbuat dari alumunium billet, kemudian piston titanium, rods karbon cetakan 3D, camshaft titanium, katup Inconel, dan ditambah sepasang turbocharger dari serat karbon, titanium, dan senyawa keramik.

Tenaga akan dikirim ke keempat roda melalui gearbox dual-clutch delapan kecepatan.

Mobil ultra keluaran startup SP Automotive dibuat menggunakan sasis monocoque dari Zylon serta bodywork terbuat dari serat karbon dan kevlar.

Suspensinya menggunakan double-wishbone yang sepenuhnya independen. Sistem pengereman ultracar Chaos dari startup Yunani tersebut menggunakan cakram keramik berukuran 428 mm di depan dan 416 mm di belakang, lengkap dengan kaliper magnesium 3D.

DICKY KURNIAWAN | CARSCOOPS

Baca: Hal-Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Mengendarai Ultracar dan Supercar



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *