Selamat, Desa Nglanggeran Ditetapkan sebagai Desa Wisata Mandiri Inspiratif

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, baru saja menetapkan Desa Wisata Nglanggeran, di Kabupaten Gunung Kidul, DIY, sebagai desa wisata mandiri inspiratif.

Desa Wisata Nglanggeran terletak di Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, DIY. Keberadaan Gunung Api Purba jadi kekuatan daya tarik terbesar dari desa wisata ini. Kawasan Gunung Api Purba sendiri merupakan bagian dari Geopark Gunung Sewu, yaitu geopark yang diakui oleh dunia. Geopark tersebut tercatat sebagai salah satu anggota UNESCO Global Geopark (UGG).

Untuk menikmati kemegahan Gunung Api Purba, kita bisa tracking dengan menaiki 100 anak tangga. Dari atas sini, kita bisa melihat gunung api purba yang membentang luas dengan keunikan bongkahan-bongkahan batu. Kita bisa melihat pemandangan utuh geosite serta melihat keunikan Kampung Pitu. Yakni satu kampung yang hanya boleh diisi 7 keluarga. 

Di sini juga terdapat Embung Nglanggeran. Objek wisata yang merupakan tampungan air seluas 0,34 hektare ini digunakan sebagai pengairan kebun warga. Destinasi ini pula yang menjadi sumber inspirasi almarhum Didi Kempot menciptakan lagu “Banyu Langit”. 

Selain wisata alam, Desa Wisata Nglanggeran juga kaya akan potensi seni dan budaya. Diantaranya Tarian Reog Nglanggeran, GejogLesung, dan Jathilan. Juga potensi ekonomi kreatif seperti kerajinan batik topeng, olahan spa dan deretan kuliner. Desa Wisata Nglanggeran juga memiliki batik tulis motif gunung Api Purba, cokelat, dan lainnya. 

Di sini juga terdapat 80 homestay yang siap menerima wisatawan yang ingin bermalam. 

Selain memiliki daya tarik destinasi berkelas dunia, masyarakat bersama kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan pemerintah setempat juga dinilai telah memiliki tata kelola destinasi yang baik sehingga dapat menghadirkan Desa Wisata Nglanggeran sebagai destinasi pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan yang dapat memberi kesejahteraan masyarakat dan terbukanya lapangan kerja. 

“Saya tetapkan Desa Wisata Nglanggeran sebagai Desa Wisata Mandiri Inspiratif bersama tujuh desa wisata lainnya. Desa Wisata Nglanggeran ini jadi salah satu destinasi yang boleh kita sebut sebagai destinasi kelas dunia, dimana masyarakat manunggal dengan pemerintah daerah, pengelola, serta masyarakat,” kata Menparekraf Sandiaga Uno saat melakukan visitasi ke Desa Wisata Nglanggeran, Senin, (11/10/2021). 

Dengan predikat tersebut, Menparekraf Sandiaga berharap desa-desa lainnya di Gunung Kidul dan DIY pada umumnya dapat terinspirasi untuk menghadirkan desa wisata dengan mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga dapat membangitkan ekonomi desa. Menjadikan desa wisata sebagai pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *