Rumah Sehat Tidak Selalu Mewah

  • Bagikan


KUDUS – Keluarga sehat berawal dari lingkungan rumah yang terjaga kebersihannya.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kudus Mawar Hartopo saat meninjau rumah sehat dan pemanfaatan pekarangan di Desa Colo, Dawe dan Desa Karangbener, Bae, Selasa (12/10/2021). Menurutnya, pemanfaatan pekarangan sangat bermanfaat guna meningkatkan ketahanan pangan keluarga. Selain itu, hasil sayur, buah, dan tanaman obat dapat dimanfaatkan sebagai pemenuhan kebutuhan gizi keluarga. Nilai ekonomis juga didapat karena turut mengurangi biaya kebutuhan belanja dapur.

“Pemanfaatan pekarangan bisa bermanfaat memberikan tambahan sumber pangan di tingkat rumah tangga. Bahan dapur, seperti daun pandan, serai, cabai tidak perlu sedikit-sedikit beli, sehingga kualitas konsumsi pangan juga terpenuhi,” ujar Mawar.

Mawar mengapresiasi warga yang sudah menerapkan program halaman asri, teratur, indah, dan nyaman (Hatinya) PKK. Karena rumah sehat tidak selalu rumah mewah, namun cukup rumah sederhana asal bersih, rapi, dan asri. Sehingga, diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.

“Rumah sehat dengan pemanfaatan pekarangan yang menjadi contoh adalah rumah sederhana, yang halamannya dimanfaatkan untuk tanaman toga atau apotek hidup, tanaman sayur atau buah, yang tentunya kebersihannya juga terjaga,” pungkasnya.

Penulis: Kontributor Kab Kudus
Editor: Di, Diskominfo Jateng



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *