Pemkot Bandung Dorong Reaktivasi RS Antisipasi Gelombang Ketiga Covid

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID–Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendorong reaktivasi rumah sakit untuk memperbanyak fasilitas kesehatan. Hal itu guna mengantisipasi potensi adanya gelombang ketiga Covid-19.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, adanya gelombang kedua COVID-19 yang terjadi pertengahan 2021 harus menjadi cerminan untuk meningkatkan kesiapan dan antisipasi. ”Kami mendukung pemilik otoritas di lahan yang ingin kembali mengoperasikan rumah sakit. Ini dalam rangka mengantisipasi potensi gelombang ketiga dan lain sebagainya,” kata Ema seperti dilansir dari TOPNEWS.MY.ID di Bandung, Jawa Barat.

Meski belum ada kepastian perihal potensi munculnya gelombang ketiga pandemi Covid-19, Ema tidak ingin lengah tanpa menyiapkan apapun. ”Kita tidak ingin kejadian pada Juni dan Juli kembali terjadi. Sehingga apapun kita sudah siap,” ujar Ema.

Dia mengatakan, dorongan reaktivasi rumah sakit itu, salah satunya bagi Rumah Sakit Sukapura di Jalan Kawaluyaan, Kiaracondong, Kota Bandung. RS itu merupakan cabang dari Rumah Sakit Kebonjati.

Bangunan eks Rumah Sakit Sukapura tersebut sudah lama tidak terpakai dan sempat digunakan Akademi Keperawatan Kebon Jati. Saat ini, rumah sakit tersebut dalam proses renovasi total.

Ema mengatakan, eks Rumah Sakit Sukapura itu akan kembali diaktifkan sebagai rumah sakit Tipe C yang otoritasnya masih berada di level pemerintahan kota. Pemkot Bandung siap memberikan dukungan penuh percepatan aktivasi.

”Mereka berjanji dalam tiga bulan ini rumah sakit sudah siap. Walaupun yang 29 rumah sakit lainnya itu juga terus kami pantau,” papar Ema.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : TOPNEWS.MY.ID



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *