Kisah Axel Kei, Bocah 13 Tahun Jadi Pemain Profesional Termuda di AS

  • Bagikan
10 Pesepakbola yang Pernah Didakwa Kasus Pidana


“Dia mengalahkan rekor Freddy Adu. Semoga kariernya tidak seperti Adu yang tenggelam.”

TOPNEWS.MY.ID – Berapa usia seorang pesepakbola yang anda pikir sebagai pemain termuda yang melakukan debut di kompetisi profesional? Apakah 17, 16, atau 15 tahun? Jika ada nama pesepakbola yang dalam kelompok usia tersebut, maka singkirkan sejenak. Mari berkenalan dengan Axel Kei.

Kei baru saja menjadi pembicaraan di seluruh dunia karena menjalani debut  untuk untuk Real Monarch di USL Championship atau kompetisi kasta kedua Amerika Serikat pada Jumat (8/10/2021). Usianya, 13 tahun 282 hari. Itu membuat dirinya jadi pemain termuda yang tampil untuk tim olahraga profesional di Negeri Paman Sam, bahkan di dunia.

Sebelum main di tim utama Monarch, Kei tercatat sebagai pemain Akademi Real Salt Lake pada 2020. Saat itu, Kei juga dinobatkan sebagai top skor MLS Next Cup U-15 2020. Itu adalah kompetisi junior yang baru saja bergulir  di AS. 

Kompetisi tersebut merupakan kelanjutan dari beberapa turnamen yang merupakan terobosan progam dari US Soccer Development Academy yang menggelar kompetisi untuk kelompok usia U-13 hingga U-19. Pada MLS Next Cup U-15 itu, Kei sukses mencetak lima gol.

Berkat performa tersebut, Kei ditarik ke Monarch. Itu merupakan klub satelit Salt Lake yang main di kompetisi di bawah MLS. Dan, sejarah itu tercipta saat Monarch berhadapan dengan Colorado Springs Switchbacks.

Masuk sebagai pemain pengganti pada menit 61, Kei dalam tekanan besar karena dirinya harus membuktikan lebih baik dari pemain yang digantikan, yaitu Bobby Wood. Sayang, pertandingan di Zions Bank Stadium itu berakhir imbang tanpa gol.

10 Pesepakbola yang Pernah Didakwa Kasus Pidana

Meski gagal menang, status sebagai pemain termuda yang mencatatkan debut di kompetisi sepakbola AS layak disandang Kei. Pemain kelahiran Abidjan, Pantai Gading, 30 Desember 2007, itu memecahkan rekor yang dipegang Freddy Adu. Ketika itu, Adu mencatatkan debut bersama DC United pada 2004 saat masih berusia 15 tahun 168 hari.

Sementara untuk debutan termuda di Eropa masih dipegang oleh gelandang Liverpool, Harvey Elliott, yang tampil untuk Fulham melawan Wolverhampton Wanderers pada Mei 2019 dalam usia 16 tahun 30 hari. Lalu, pemain Bologna, Wisdom Amey, membuat sejarah di Serie A musim lalu saat menjadi debutan pada usia 15 tahun 274 hari.

Kemudian, pemain termuda dalam sejarah La Liga adalah gelandang serang Argentina, Luka Romero, yang tampil untuk Real Mallorca melawan Real Madrid pada Juni 2020 dalam usia 15 tahun 219 hari. 

Ada lagi Youssoufa Moukoko adalah pemegang rekor di Bundesliga. Penyerang Borussia Dortmund itu menggantikan Erling Haaland di paruh kedua pertandingan tandang di Hertha Berlin pada 2020, dalam usia 16 tahun satu hari.

(atmaja wijaya/anda)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *