Egy hingga Bagus Kahfi, Talenta-talenta Menjanjikan di Skuad Timnas U-23 | Bolaindo

  • Bagikan



Timnas Indonesia U-23 menyertakan 33 pemain untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Ada Egy Maulana Vikri, Beckham Putra, Ronaldo Kwateh, hingga Bagus Kahfi.

Begitu banyak talenta menjanjikan yang disertakan, bahkan beberapa di antaranya sudah punya nama besar. Mereka dihadapi tugas berat meloloskan Timnas U-23 lolos ke Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya.

Egy menjadi salah satu nama besar dengan labelnya sebagai pemain timnas senior yang turut disertakan. Sejauh ini pemain FK Senica itu memang menjadi andalan Shin Tae-yong sejak Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kebetulan usia Egy memang masih memenuhi syarat untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23. Pengalamannya di level senior bisa membantu Timnas U-23 untuk bersaing dengan Australia dan China, lawan Timnas U-23 di Grup G.

Hanya saja, ada kemungkinan Egy tak akan dilepas oleh FK Senica untuk kualifikasi pada 27 Oktober hingga 2 November. Klub Slovakia sempat membuat pernyataan hanya melepas pemainnya pada FIFA Matchday.

Selain Egy, ada juga Bagus Kahfi yang dipangil untuk pertama kalinya oleh Shin Tae-yong. Ini sekaligus menjadi momen comeback Bagus yang sudah dua tahun absen membela negara sejak 2019.

Ia naik kelas dari Timnas Indonesia U-19 ke Timnas U-23. Sebenarnya Bagus merupakan salah satu bagian Timnas U-19 yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Maklum saja, Bagus kerap menjadi langganan top skor kelas usia sejak membela Timnas Indonesia U-16. Mulai dari top skor Piala AFF U-16 2018, Piala AFF U-18 2019, hingga Garuda Select II.

Tetapi cedera parah yang didapatnya saat memperkuat Garuda Select II membuatnya lama terparkir dari Timnas Indonesia. Saudara kembar dari Bagas Kaffa itu melewatkan Pemusatan Latihan Timnas U-19 yang digelar di Kroasia hingga Spanyol.

Kini Bagus sudah pulih dan beberapa kali terlibat dalam pertandingan bersama klub barunya, Jong FC Utrecht. Tempat utama belum berhasil didapatkannya, tetapi sudah cukup untuk membuat Shin Tae-yong meliriknya.

Kehadiran Bagus bisa menjadi tambahan kekuatan buat lini depan Timnas U-23. Pengalamannya di berbagai level usia bisa menjadi harapan agar Timnas U-23 produktif mencetak gol.

Selain Bagus, ada empat pemain lainnya yang juga bisa menjadi pesaing di lini depan. Mereka adalah Hanis Saghara, Rabbani Tasnim, Ronaldo Kwateh, dan Taufik Hidayat.

Ronaldo Kwateh menjadi nama kejutan mengingat usianya yang masih 16 tahun. Selain itu ia juga belum pernah memperkuat timnas usia kelas usia dan langsung dipanggil ke Timnas U-23.

Pemain kelahiran 2004 juga baru menjalani musim perdananya sebagai pemain profesional pada Liga 1 2021 ini. Belum ada gol yang dicetak dari 231 menit bermain bersama Madura United.

Meski begitu, Ronaldo Kwateh memang punya bakat menjanjikan. Skill individu dan determinasinya terbilang luar biasa untuk seukuran pemain 16 tahun saat tampil di level tertinggi.

Tak heran Rahmad Darmawan selaku pelatih Madura United selalu menurunkan putra dari Roberto Kwateh pada Seri 1 Liga 1. Ronaldo Kwateh bermain 3 kali sebagai starter dan tiga kali sebagai pemain pengganti.

Selain itu masih ada juga Beckham Putra yang tengah bersinar bersama Persib Bandung. Ia selalu bermain pada Seri 1 Liga 1 dengan catatan dua gol dan sebiji assist.

Sebagai gelandang serang, Beckham bisa menjadi pelayan para striker untuk mencetak gol. Selain itu, ia juga bisa melakukan akselerasi sendiri ke pertahanan lawan untuk membuat peluang mencetak gol.

Ada juga Saddil Ramdani dari Sabah FC yang turut dipanggil. Meski cedera dan lama diparkir dalam beberapa laga Malaysia Super League 2021 akhir-akhir ini, kemampuan Saddil sudah tak perlu diragukan lagi.

Hanya saja masalah cedera membuat Saddil kemungkinan absen lagi. Sebelumnya ia juga disertakan untuk playoff Piala Asia 2023, tetapi tak bisa memenuhinya karena sedang cedera panjang.

Dari berbagai nama-nama berbakat di atas, masih ada juga pemain beken lainnya. Mulai dari Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Alfeandra Dewangga, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Braif Fatari, Febi Eka Putra, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, hingga Ramai Rumakiek.

Mereka menanggung beban berat meloloskan Timnas U-23 ke Piala Asia U-23. Bagus Cs harus menjadi juara grup atau runner-up terbaik untuk mendapatkan 1 tiket babak utama Piala Asia U-23.

“Kami berharap dengan persiapan yang baik, timnas Indonesia dapat lolos ke ajang Piala Asia U-23 2022. PSSI terus mendukung program pelatih pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi timnas Indonesia,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (Detik.com)

Berita Terkait



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *