Dukung Keuangan Digital, Kominfo Sudah Blokir 4.873 Fintech Ilegal

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menindak 4.873 platform financial technology (fintech) sejak tahun 2018 sampai 10 oktober 2021. 

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengungkapkan telah memutus akses fintech tersebut yang tersebar di berbagai platform seperti website, marketplace, aplikasi, media sosial, dan layanan file sharing. 

“Ini pasti konten yang tak sesuai perundang-undangan, yang tersebar dari berbagai platform, semuanya tak sesuai aturan,” ucapnya saat Webinar OJK Virtual Innovation Day 2021, Selasa (12/10/2021).

Johhny mengatakan pihaknya telah bekerjasama dengan Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) dan pihak lainnya untuk melakukan pemutusan akses terhadap fintech ilegal.

Ia mengatakan pemerintah mengupayakan agar tak memberi ruang konten ilegal bagi para fintech nakal, dan memberikan ruang digital lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami harapkan ini mendorong semarak fintech kita agar dimanfaatkan baik, dan juga untuk pembangunan ekonomi,” ujarnya.

Di waktu yang sama Johnny mengatakan perkembangan platform fintech cukup masih dalam menumbuhkan sektor digital di Indonesia.

Ini terlihat dari nilai fintech pada 2020, mencapai US$178 juta, dimana mencakup 20 persen total keseluruhan pendaaan fintech di Asean.

Adapun presentasi pendanaan sektor fintech di Indonesia tahun 2020 berdasarkan jenis layanan. Yakni alternative lending sebesar 25 persen, finance and accounting 5 persen, insurance technology 38 persen, and payment 32 persen. 



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *