Baca Ini, dan Kamu Tak Akan Cemas Lagi!

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Cemas adalah respon alami tubuh terhadap stres. Respon ini merupakan perasaan yang normal dialami.

Rasa cemas menjadi tidak wajar apabila terjadi berlebihan, terus-menerus dan sulit dikendalikan. Beberapa cirinya, yakni merasa khawatir setiap memikirkan skenario terburuk serta ketakutan akan sesuatu hal yang belum terjadi sehingga mengganggu aktifitasmu, terutama aktifitas yang membutuhkan sebuah keputusan.

Jika kamu belum mengenali pemicu gangguan kecemasan, berikut cara untuk membantu menenangkan atau mengendalikan gangguan kecemasan, seperti dilansir TOPNEWS.MY.ID dari Healthline.

Jauhi pikiran negatif

Pikiran negatif dapat memenuhi ruang pikiran seseorang dan mendistorsi keparahan situasi, yang belum tentu terjadi.

Salah satu cara menghilangkan pikiran negatif adalah dengan menantang ketakutan kamu. Lalu, tanyakan apakah ketakutan itu benar dan ambil alih kendali pikiranmu.

Berlatihlah fokus dan pernapasan dalam

Coba tarik napas selama 4 hitungan dan hembuskan napas selama 4 hitungan selama total 5 menit. Dengan mengeluarkan napas, kamu akan memperlambat detak jantung kamu sehingga membantu kamu menenangkan pikiran kamu dan kamu bisa fokus.

Teknik 4-7-8 

Kamu juga bisa melatih pernapasan dengan teknik 4-7-8 untuk mengatasi rasa cemasmu. Pertama cari tempat duduk atau berbaring dengan nyaman. 

Pastikan kamu duduk dengan postur yang baik, buka bibir kamu lalu membuat suara mendesing, menghembuskan napas sepenuhnya melalui mulut.

Selanjutnya, tutup bibir kamu, tarik napas dalam dalam melalui hidung selama empat hitungan. Kemudian, selama tujuh detik, tahan napas. Buat napas menderu lagi dari mulut selama delapan detik.

Berjalan-jalan atau melakukan yoga selama 15 menit

Terkadang, cara terbaik untuk menghentikan pikiran cemas adalah dengan menjauh dari situasi yang memicu kecemasan seperti ruang kantor atau meja dengan laptop inventaris perusahaan.

Meluangkan waktu untuk fokus diri sendiri bukan pikiran negatif dengan cara berjalan-jalan di rooftop kantor atau halaman kantor, dapat membantu meredakan kecemasanmu.

Kalau kamu bekerja dari rumah, kamu bisa luangkan waktu 10 menit untuk mengikuti tutorial gerakan yoga di Youtube, yang bisa menghilangkan stres atau rasa cemas.

Tuliskan pemikiran kamu

Cara mengendalikan gangguan kecemasan lainnya, yakni dapat dengan menuliskan apa yang ada yang membuat kamu cemas. Cara ini disebut akan menghilangkannya dari kepalamu dan bisa membuatnya tidak terlalu menakutkan.Trik ini sangat membantu bagi mereka yang mengalami kecemasan secara sporadis.

Rasa cemas datang karena kamu, jadi kamu harus mau berusaha mengatasinya dengan lima cara ini.[]



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *