6 Alasan Kenapa Perempuan Tidak Boleh Membeli Produk Pemutih Kulit 

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Tak sedikit perempuan yang ingin memiliki kulit putih. Hal ini tentu karena mereka ingin penampilannya lebih cantik dan menarik, padahal sebenarnya cantik tak melulu harus berkulit putih. Oleh karena itu lah, tak jarang para perempuan justru memilih cara instan yakni dengan membeli produk pemutih kulit. 

Alih-alih ingin memiliki kulit lebih putih, pemakaian produk pemutih justru akan membahayakan tubuh dalam jangka waktu panjang. Kandungan didalamnya lah yang akan menjadi boomerang. Sebab tak jarang pemakainya justru akan mengalami ketergantungan dengan produk tersebut 

Sebelum memutuskan untuk membeli produk pemutih kulit, sebaiknya ketahui lebih dulu efek samping jika kamu menggunakannya. Berikut penjelasannya: 

1.    Memberikan Efek Samping Berbahaya 

Tahukah kamu jika pada produk pemutih kulit terdapat kandungan yang akan bekerja mengurangi produksi melanin dalam tubuh. Melanin sendiri  berperan sebagai pigmen kulit dan dibuat oleh sel yang disebut melanosit. Jadi, bisa bayangkan bukan jika tubuh kekurangan melanin? 

Memang sih jika menggunakan produk pemutih kulit, wajah akan menjadi lebih putih dan bersinar, tapi yang harus kamu ketahui adalah efeknya akan berbahaya. Apa saja? Mulai dari reaksi alergi yang parah, wajah memerah, hingga gatal-gatal. Tak hanya itu saja, penggunaan produk pemutih kulit juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker. 

2.    Membuat Kulit Menjadi Gelap 

Produk pemutih kulit menawarkan khasiat bisa membuat wajah menjadi lebih putih, tapi pada kenyataannya, kandungan hydroquinone yang ada di dalamnya justru bisa berakibat membuat wajah menjadi lebih gelap dari sebelumnya. 

Kadar yang melebihi batas dalam produk pemutih kulit juga disebut bisa menyebabkan komplikasi. Misalnya, muncul infeksi minyak eksogen, penggelapan kulit dalam waktu lama, hingga kulit  menjadi kebal terhadap pengobatan.  

3.    Keracunan Merkuri

Efek samping lain yang akan didapat jika menggunakan produk pemutih kulit adalah kita bisa keracunan merkuri. Merkuri sendiri adalah jenis logam yang biasa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit dan mengurangi noda hitam pada wajah. Hanya saja, bahan ini bisa dibilang berbahaya dan memberikan efek samping yang tidak baik bagi wajah. Apalagi jika digunakan secara berlebihan. 

Lalu, bagaimana ciri-ciri jika seseorang mengalami  keracunan merkuri? Sebut saja  mati rasa, mengalami tekanan darah tinggi, kelelahan, terlalu peka terhadap cahaya, hingga mengalami gejala neurologis, seperti mudah lupa, cepat marah, tremor, dan yang terparah adalah gagal ginjal. 

4.    Menyebabkan Dermatitis 

Ada yang lebih parah dari keracunan merkuri, apakah itu? Seseorang yang menggunakan produk pemutih kulit tidak menutup kemungkinan bisa terkena dermatitis. Dermatitis adalah sekumpulan gejala atau permasalahan kulit yang disebabkan oleh peradangan akibat adanya kontak langsung dengan zat iritan atau allergen.

Dalam hal ini, kandungan berbahaya dalam produk pemutih kulit bisa dikatakan sebagai salah satu penyebab utama dermatitis. Biasanya gejala yang akan dirasakan meliputi kulit menjadi gatal-gatal, kering, bersisik, melepuh, bahkan bisa sampai membengkak. 

Hal yang harus dilakukan jika hal ini terjadi adalah langsung mendatangi dokter kulit, agar kamu segera mendapatkan penanganan yang tepat. 

5.    Penyebab Utama Jerawat 

Ketahuilah jika produk pemutih kulit hanya membuat wajah putih dengan cara yang instan, akan tetapi kandungan didalamnya pula yang bakal menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. 

Biasanya dalam setiap produk pemutih wajah tidak hanya terdapat kandungan merkuri, tapi juga kortikosteroid yang usut punya usut ternyata menjadi faktor utama seseorang memiliki jerawat steroid.

Pada umumnya jerawat steroid biasa muncul di dada, akan tetapi tak jarang juga muncul di bagian  lengan, punggung, serta wajah, yang mana terjadi dalam waktu yang lama. Kemunculannya sendiri meliputi komedo sampai benjolan merah yang membuat wajah terasa sakit. 

6.    Mengalami Sindrom Nefrotik

Efek samping yang lebih parah jika seseorang membeli produk pemutih kulit adalah ia akan mengalami sindrom nefrotik. Apakah itu? Sindrom yang satu ini bisa dikatakan sejenis penyakit ginjal yang biasanya dipicu oleh kerusakan pembuluh darah pada ginjal.

Kita semua tentu sudah tahu kalau ginjal berfungsi  untuk menyaring limbah dan kelebihan air yang ada di dalam tubuh. Apabila ginjal mengalami kerusakan, maka tubuh akan mengeluarkan banyak protein dalam urine. Hal ini lah yang akan menyebabkan bahaya. 

Selain memicu kerusakan pada ginjal, kandungan berbahaya yang ada pada produk pemutih kulit juga biasanya akan menyebabkan nafsu makan jadi berkurang, kelelahan, pembengkakan atau  edema di sekitar mata, sampai pergelangan kaki. 

Kalau tidak ingin merasakan hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, alangkah baiknya untuk lebih bijak lagi dalam menggunakan produk yang berhubungan dengan wajah, daripada harus mengalami hal-hal yang merugikan diri sendiri.

Penulis Miranda (Anggota Perempuan Indonesia Satu)

Editor Tubagus Guritno

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *