Mahfud MD: Presiden Jokowi Setuju Lahan Sitaan BLBI Dibangun Lapas

  • Bagikan
alexametrics


TOPNEWS.MY.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud MD mengaku sudah melaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai tanah hasil dari kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) bisa diperuntukan pembangunan lembaga pemasyarakatan (Lapas) baru.

Menurut Mahfud MD, Presiden Jokowi menyetujui aset lahan tersebut digunakan untuk membangun Lapas baru. Anggaran pembangunan Lapas baru tersebut juga saat ini sedang disusun.

“Soal lapas sudah bicara dengan Bu Menkeu, dan kemarin sudah melaporkan ke Presiden yaitu kita punya tanah yang bisa dipakai dan semuanya setuju, anggaran pembangunannya disusun dulu. Kalau presiden mengatakan udah gunakan saja untuk kepentingan negara, untuk apa tidak dipakai begitu,” ujar Mahfud kepada wartawan, Rabu (22/9).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menuturkan, saat ini wacana tersebut masih terus dimatangkan oleh pemerintah. Nantinya keputusan ini akan menjadi domainnya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Tapi kalau tanahnya nanti kita tentukan di mana, Jadi itu dalam rencana, dan tergantung Kemenkumham, dan nanti dengan saya untuk merancang apakah lapas-lapas atau rehabilitasi,” katanya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan pemerintah berencana menggunakan tanah hasil sitaan negara terkait kasus kasus BLBI sebagai lokasi pembangunan Lapas baru.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *