Kata Pelatih Persib Usai Kerap Disindir Punya 8 Pemain Asing | Bolaindo

  • Bagikan



Skuad Persib Bandung di Liga 1 2021-2022 terbilang mewah. Pemain berlabel bintang nasional memenuhi skuad Maung Bandung musim ini.

Bahkan, tim Persib juga diperkuat oleh “delapan pemain asing”, dengan empat pemain berstatus naturalisasi.

Keempat pemain naturalisasi Persib adalah Ezra Walian, Marc Anthony Klok, Esteban Vizcarra, dan Victor Igbonefo. Adapun slot pemain asing diisi oleh Nick Kuipers, Geoffrey Castillion, Wander Luiz, dan Mohammed Rashid.

Mewahnya skuad Persib membuat mereka layak disebut sebagai kandidat kuat juara kompetisi musim ini. Tentu ada ekspektasi tinggi, khususnya dari para bobotoh menyoal prestasi Persib musim ini.

Dengan kedalaman skuad mumpuni, mereka tentu mengharapkan gelar juara bisa diraih Maung Bandung pada akhir musim.

Selain itu, banyaknya pemain asing di skuad Persib juga membuat mereka kerap mendapatkan sindiran dari sejumlah pihak.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengaku tidak terbebani dengan tingginya ekspetasi suporter terhadap skuad bertabur bintang Maung Bandung.

Menyoal banyaknya pemain asing di skuad Persib musim ini, Alberts mengatakan, ada dua kategori yang berbeda.

Menurut dia, tidak semua pemain naturalisasi Persib bisa dianggap sebagai pemain asing.

“Tidak sama sekali (beban). Saya rasa ada dua kategori di sana. Jika kalian melihat pemain seperti Victor Igbonefo. Berapa lama dia bermain di sini dan sejak kapan dia mendapatkan paspor Indonesia, itu sudah bertahun-tahun yang lalu,” ujar kata Alberts kepada wartawan, Selasa (21/9/2021).

“Jadi, memang dia lahir di luar, tetapi gaya bermainnya sudah bisa dikatakan seperti pemain Indonesia. Begitu juga Esteban, berapa lama dia berada di sini,” kata dia.

Adapun untuk Marc Klok dan Ezra Walian, memang kategorinya agak berbeda. Keduanya masih bisa dianggap sebagai pemain asing karena belum lama berkiprah di sepak bola Indonesia.

“Namun, untuk yang baru, seperti Marc dan Ezra itu memang berbeda karena mereka menjadi warga Indonesia dengan dinaturalisasi baru-baru ini,” tutur Alberts.

Menyoal sindiran kepada Persib yang memiliki banyak pemain naturalisasi dalam skuadnya, Alberts memilih untuk tak ambil pusing.

Sebab, dengan memiliki pemain naturalisasi, Persib tidak sama sekali melanggar regulasi. Secara administrasi, keempat pemain naturalisasi Persib pun tercatat sebagai pemain lokal.

“Jadi, oke, dia bisa dikatakan sebagai pemain asing, tetapi kami memasukkan mereka berdasarkan regulasi,” ujar Alberts.

“Artinya, mereka adalah pemain Indonesia yang sah didaftarkan sebagai lokal. Bisa dikatakan mereka pemain asing, tetapi tidak pada prinsipnya,” ucap dia.

Berita Terkait



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *