SAHABAT – Angsamerah Blog

  • Bagikan


Dalam perjalanan hidup, manusia tidak akan pernah terlepas dari permasalahan. Tidak jarang pula kita dihadapkan dengan situasi dan keadaan yang tidak diharapkan serta berada di luar kendali kita. Cara setiap orang merespon permasalahan tentu beragam, tergantung dari karakteristik masing-masing individu. Ada yang memilih untuk berbagi dengan orang-orang terdekat, ada pula yang memilih untuk diam dan memendamnya sendiri.

Penelitian telah menunjukkan bahwa membicarakan masalah kita dan berbagi emosi negatif kita dengan seseorang yang kita percaya dapat sangat mengurangi stres, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta mengurangi tekanan fisik dan emosional (Pennebaker, Kiecolt-Glaser, & Glaser, 1988). Namun sebaliknya, jika kita menceritakan masalah kita dengan orang yang tidak tepat, maka hasilnya bukan menguntungkan tapi justru akan merugikan diri sendiri. Mengapa demikian?

Sebagai manusia, kita cenderung terpengaruh emosi dan menjadikan pertimbangan kita tidak lagi objektif terhadap masalah yang dihadapi. Kemungkinan skenario yang bisa terjadi ketika mengkomunikasikan masalah kepada orang yang tidak tepat TOPNEWS.MY.ID lain;

  1. Kita bisa terpuruk lebih dalam dengan pemahaman diri sendiri yang mungkin kurang tepat saat itu.
  2. Apa yang kita rasakan bisa saja dianggap berlebihan oleh pihak lain yang mungkin tidak sejalan dengan kita dan tidak mengerti kondisi yang sedang dialami.

Sayangnya, kedua hal ini justru dapat berdampak buruk serta semakin memperparah permasalahan.

Di saat mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan dalam kehidupan, akan cukup sulit bagi kita untuk bisa menilai kondisi yang terjadi dengan objektif, apalagi jika permasalahan tersebut sampai memberikan dampak traumatis. 

Untuk itulah Yayasan Anak Bangsa Merajut Harapan (Angsamerah) bersama dengan para Professional Life Coach George Alain dan Adrian menginisiasikan Grup Dukungan Sahabat, sebagai “Suara dan Perspektif Netral dari Seorang Sahabat untuk Situasi yang Kamu Hadapi”. Kami ada untuk menggenggam tanganmu, mengajakmu keluar sejenak dari kalutnya keadaan dan melihat permasalahan dari sudut pandang lain secara lebih jernih.

Kami adalah sekelompok Sahabat yang berasal dari berbagai latar belakang pengalaman dan profesi, tetapi memiliki kesamaan hati; yaitu hadir untuk mereka yang membutuhkan bantuan, penghiburan, maupun tempat untuk bercerita. Dengan metode komunikasi ‘Life Coaching’ dan ‘Mindfulness’, kami ingin memberikan dampak yang baik untuk mencapai kesejahteraan Sahabat.

Jika Sahabat ingin bergabung dan berbagi bersama kami, untuk sementara layanan Grup Dukungan Sahabat tersedia pada hari Rabu dan Sabtu dengan perjanjian melalui admin Klinik Angsamerah. 

Informasi kontak tertera di laman angsamerah.com atau Sahabat dapat mengunjungi media sosial Angsamerah.

Salam sehat jiwa!



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan