Manfaat Mendengarkan Musik pada Anak

  • Bagikan


Siapa yang tidak suka mendengarkan musik? Baik orang dewasa maupun anak-anak pasti akan langsung ikut menari atau bernyanyi mengikuti irama lagu. Namun, ternyata tidak hanya sekadar menghibur, manfaat mendengarkan musik pada anak adalah dapat membantu perkembangannya sejak dini, lho! 

 

Manfaat Mendengarkan Musik pada Anak

  1. Meningkatkan Perkembangan Sensorik

Sama halnya dengan rasa, tekstur, dan warna, musik juga akan membantu perkembangan sensorik anak. Mengenalkan si Kecil pada beragam tipe musik dapat membantu menciptakan lebih banyak jalur untuk menghubungkan sel-sel di dalam otaknya. Jika ditambah dengan berbagai aktivitas, misalnya sambil menari atau bernyanyi, jalur yang tercipta pun akan semakin banyak!

 

  1. Meningkatkan Literasi dan Numerasi

Dari lagu, si Kecil akan belajar banyak hal. Ia belajar macam-macam suara, intonasi, dan kata-kata. Musik juga akan membantu si Kecil mengantisipasi kata-kata apa saja yang akan muncul seiring lagu diputar.

 

  1. Membangun Mood

Ternyata Mums bisa lho memanfaatkan jenis lagu yang berbeda untuk membangun mood si Kecil sesuai kondisi. Banyak orang tua yang mendendangkan lagu yang lembut sebagai pengantar tidur untuk buah hatinya. Biasanya, lagu Nina Bobo yang menjadi andalan ya, Mums? Selayaknya lagu sebelum tidur, ada pula lagu-lagu yang akan menambah semangat si Kecil, seperti Balonku Ada Lima atau Abang Tukang Bakso.

 

  1. Membantu Membangun Koordinasi

Meski terkadang si Kecil belum mengerti arti lirik lagu yang diputar, ia akan semangat untuk menari mengikuti irama musiknya. Musik memang menstimulasi anak untuk bergerak. Hal tersebut akan membantu mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar.

 

Tidak hanya itu, aktivitas menari juga akan membantu perkembangan otot serta kekuatan dan keseimbangan tubuh. Apabila Mums menari bersamanya, ia akan meniru gerakan Mums. Pada saat itu, koordinasi TOPNEWS.MY.ID mata dan tangannya pun akan ikut berkembang.

 

  1. Memperkaya Kosakata

Lirik yang tertuang dalam sebuah lagu akan membantu si Kecil belajar beragam kosakata. Jika di awal ia hanya menirukan suara dari lirik, seiring perkembangannya, ia akan belajar makna dari setiap kata yang dinyanyikan!

 

Kenalkan Si Kecil dengan Lagu-Lagu Daerah Indonesia, Yuk!

Setelah mengetahui manfaat mendengarkan musik pada anak, maka ini waktunya menentukan daftar lagu apa saja yang bisa Mums putarkan untuknya. Selain lagu kanak-kanak dari Indonesia maupun mancanegara, Mums juga bisa lho memperkenalkan si Kecil dengan beragam lagu daerah Indonesia!

 

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional pada 23 Juli, Nusantralala resmi diluncurkan melalui berbagai platform digital untuk menemani si Kecil selama masa tumbuh kembangnya. Lagu-lagu nusantara yang diputar dibagi ke dalam 3 kategori sesuai kebutuhan si Kecil, yaitu sebagai pengantar tidur (kelonan), kawan bermain (dolanan), serta teman fokus (tumandang).

 

 

Digagas oleh Berakar Komunikasi, lagu-lagu daerah yang dirilis dalam Nusantralala dikemas dengan aransemen yang modern, kreatif, serta diproduksi oleh komposer dan seniman profesional. Selain mendampingi tumbuh kembang anak-anak Indonesia, Nusantralala bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai luhur nusantara sekaligus melestarikan lagu-lagu daerah Indonesia di era digital.

 

Mums dan si Kecil bisa menikmati keindahan lagu-lagu nusantara, seperti Bungong Jeumpa, Tak Lela Ledhung, dan Meong-meong, secara cuma-cuma melalui situs www.nusantralala.id, Spotify Nusantralala, dan YouTube Nusantralala. (AS)

 

Referensi

Playground NSW: The Importance Of Music In The Development Of Toddlers



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *