Gampang, Kok! Begini Cara Memperoleh Obat dan Vitamin Gratis

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Jakarta – Gampang, kok! Begini cara memperoleh obat dan vitamin gratis. Ada kabar baik di tengah badai pandemi Covid-19 di Tanah Air. Pasalnya, saat ini paket obat gratis dari Kemenkes RI untuk pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri atau isoman sudah bisa diperoleh. Kabar semringah itu juga sedang viral di media sosial.

Kendati demikian, hingga saat ini masih banyak pasien isoman virus corona yang tidak paham alur pelayanan telemedicine gratis guna mendapatkan ‘obat’ Covid-19 secara gratis tersebut.

Lantas, bagaimana alur penerimaan paket obat gratis dan vitamin tersebut, berikut rangkuman yang dikutip TOPNEWS.MY.ID melalui rri.co.id pada Jumat 23 Juli 2021:


Baca Juga: Waspada! Kenali Tanda dan Gejala Corona Terhadap Anak-anak

Lakukan Tes PCR/Antigen

Pertama, masyarakat harus melakukan tes PCR atau Antigen di salah satu dari 742 laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).


Baca Juga: Gegara Pandemi Puluhan Juta UMKM Bangkrut, Pengusaha: Tiap Hari 2…

Telah Menerima WhatsApp dari Kemenkes

Masyarakat yang dinyatakan positif mengidap Covid-19 kemudian akan menerima pesan WhatsApp dari akun terverifikasi dari Kemenkes RI yang bertanda centang hijau.

Pesan itu berisi informasi, orang yang menerima pesan tersebut (disebutkan nama juga NIK) sudah terdata sebagai pasien positif Covid-19.


Baca Juga: Trending di Tengah Upaya Tangani Pandemi Covid-19, Netizen: Tagar KitaPercayaJokowi

Tidak hanya itu, melalui pesan itu pasien juga akan diberi tahu ada layanan konsultasi, pengobatan, dan pengawasan gratis yang dapat diakses dengan cara memasukkan kode voucher ISOMAN.

Atau, pasien juga bisa melakukan pengecekan NIK secara mandiri di isoman.kemkes.go.id untuk mengetahui statusnya, apakah terdata sebagai pasien positif atau tidak.

Bisa Konsultasi Daring atau Online

Selanjutnya, pasien dapat melakukan konsultasi secara daring atau online di salah satu dari 11 platform yang masing-masing utas atau link-nya yang telah disampaikan melalui pesan WhatsApp.

Di sana, dokter yang bertugas akan memberikan resep secara digital disesuaikan kondisi yang dilaporkan oleh pasien. Pasien nantinya bisa jadi masuk dalam kategori pasien yang layak melakukan isolasi mandiri, atau juga harus dirujuk ke rumah sakit.

Jika termasuk kategori yang bisa melakukan isolasi mandiri, maka pasien ini akan mendapat akses untuk mendapatkan obat dan vitamin gratis dari program pemerintah.

Mendapat SMS dari Pihak Ekspedisi

Terakhir, pasien akan mendapat SMS pemberitahuan dari pihak perusahaan ekspedisi yang akan mengantar paket obat dan vitamin ke rumah.

SMS itu berisi nomor resi dan status pengumuman. Jika kurir sudah sampai di halaman rumah, pasien tidak perlu membayar apapun lantaran biaya menjadi tanggunan Kementerian Kesehatan.

Atau, bisa juga mengikuti cara lebih ringkas berikut:

– PCR di lab yang bekerja sama dengan Kemkes, cek https://bit.ly/3B2eUwm

– PCR Positif: dapat WA dari Kemkes atau cek NIK langsung ke https://isoman.kemkes.go.id/

– Kontrol dokter lewat telemedicine (Aplikasi Online) – voucher ISOMAN, cek https://isoman.kemkes.go.id/konsultasi

– DapatResep.pdf, dan diupload ke https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat

– Tunggu pengiriman obat dari Si Cepat (kurir ekspedisi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan