Evolusi Konsol Game dari Tahun 1977 hingga Kini

  • Bagikan
Evolusi Konsol Game dari Tahun 1977 hingga Kini


TOPNEWS.MY.ID,  Beberapa tahun belakangan ini, game telah menjadi bagian dari kehidupan baik itu kelas atas, menengah, ataupun bawah. Ini merupakan sebuah evolusi besar bagi industri game. Karena, pada zaman dulu, game hanya bisa dimainkan oleh kalangan kelas atas. 

Terlebih, dengan banyaknya pilihan game yang bisa dimainkan lewat ponsel pintar, memudahkan para pemain untuk memainkannya. Padahal, dulu kamu perlu membeli konsol khusus untuk memainkan sebuah game

Namun, tahukah kamu sebenarnya game itu sudah ada sejak tahun 1977 lho. Pada saat itu, hanya sebagian orang saja yang bisa memainkan konsolnya.

Akurat akan coba mengulas beberapa konsol game dari zaman dulu hingga sekarang. Berikut selengkapnya. 

Atari Video Computer System (1977)

Atari Video Computer System atau Atari 2600, merupakan konsol pertama yang paling laris di pasaran. Dengan permainan seperti Q*bert, Pacman, dan Space Invaders, konsol yang menggunakan mikroprosesor ini menghibur jutaan penggunanya di seluruh dunia. Desainnya mirip tampilan veneer kayu yang populer pada perangkat televisi masa itu.

Nintendo (1983)

Nintendo Entertainment System (NES) diluncurkan di Jepang dan sejak tahun 1983 telah menjual lebih dari 61,91 juta unit secara global. Bentuk NES terkenal dengan warna khas kotak berwarna abu-abu dan masih memiliki penggemar hingga hari ini. Pabrikan Nintendo memiliki beberapa seri game terkenal seperti Super Mario Bros dan Zelda.

Super Nintendo (1990)

Pada tahun 1990, Super Nintendo Entertainment System (SNES) dirilis di Jepang dengan nama Super Famicom, diikuti oleh AS pada tahun 1991, dan Eropa setahun kemudian. SNES memiliki perubahan desain, fisiknya lebih bulat di ujung kiri kanan dan ada tambahan tombol menjadi A-B-X-Y, start-select, dan empat tombol arah.

PlayStation (1994)

Kisah sukses Sony di pasar konsol game dimulai dengan PlayStation. Perangkat ramping yang terinspirasi dari SNES ini mendominasi pasaran dunia game sejak diluncurkan pada tahun 1994. Hingga bulan Mei 2004, Sony tercatat telah memproduksi sekitar 100 juta PlayStation.

Nintendo GameCube (2001)

Sama seperti namanya, konsol Nintendo ini berbentuk kubus. Referensi bentuk yang terinspirasi dari dadu ini diberi warna ungu yang dianggap cocok untuk mainan anak-anak. Sayangnya, GameCube tersaingi oleh kehadiran PS2 dan Xbox yang lebih menarik perhatian pengguna kala itu.

Xbox (2002)

Xbox adalah konsol game pertama yang dibuat oleh Microsoft, dirilis pada 14 November 2001. Ukuran Xbox sedikit lebih besar dibandingkan konsol lainnya, dilengkapi dengan hard drive, kemampuan menyalin musik dari CD, dan kualitas suara Dolby Digital. Xbox original terjual 24 juta unit, masih kalah dari penjualan PS2 yang menyentuh angka 155 juta unit.

Xbox 360 (2005)

Xbox 360 menjadi konsol dengan contoh desain yang buruk, memang tidak selalu jelek namun sistem pendingin tidak bekerja dengan baik. Saat konsol kepanasan, LED yang mengelilingi tombol daya berubah menjadi merah. Meskipun begitu, Microsoft menjual hampir 6 juta Xbox 360 di tahun pertama kemunculannya.

Wii (2006)

Tanggal 19 November 2006, Nintendo meluncurkan konsol bernama ‘‘Wii‘‘. Inovasi terletak pada remote controller tanpa kabel yang menempel ke induk konsol. Pengendali ini dilengkapi sensor yang mampu menggerakkan pemain dalam game yang dimainkan. Pada saat itu, warna putih sedang digemari karena kesannya yang keren.

PlayStation 4 (2013)

PlayStation 4 hadir dengan desain yang simpel dan elegan, dilengkapi dengan fitur untuk streaming. PS4 yang dapat disambungkan ke smartphone atau tablet ini memiliki pengembangan pada joystick yang memiliki sensor suara serta touch pad. Konsol ini bukan lagi mainan untuk anak-anak.

Nintendo Switch (2017)

Sementara Sony dan Microsoft terus mengembangkan model yang telah dicoba dan diuji, Nintendo beralih ke sesuatu yang baru, yaitu Switch. Perangkat Nintendo Switch bertransformasi menjadi konsol mobile yang bisa dibawa ke mana-mana. Adanya fitur multiplayer dapat menghubungkan dengan tujuh konsoler lainnya.

Xbox Series X (2020)

Microsoft tetap setia pada tradisi desain konsol yang sudah ada untuk Xbox Series X-nya. Banyak kritikus media sosial merasa konsol itu menyerupai menara komputer atau bahkan lemari es mini, sehingga mendapat julukan “Xbox kulkas”. Namun petinggi Xbox mengklaim perangkat Xbox Series X menjadi konsol paling kompatibel yang pernah ada.

PlayStation 5 (2020)

PS5 hadir dengan bentuk lekukan dan sudut-sudut tajam asimetris yang didominasi warna putih dan hitam, menjadikannya terlihat futuristik. Bentuknya unik dan berbeda dari desain pendahulunya, karena untuk kali pertama memiliki dua warna. Bagi sebagian orang, desain PS5 dianggap menarik, namun sebagian yang lain tampilan konsol PS5 mengingatkan pada bentuk router nirkabel.

Nah, itu dia beberapa konsol game dari tahun ke tahun. Sebenarnya, masih banyak konsol game seperti Sega yang memulai debutnya sebagai perusahaan konsol game pada tahun 1980an. Namun, sayangnya perusahaan tersebut sudah berhenti produksi saat ini.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *