Doa dan Amalan Saat Cuaca Dingin, Agar Tidak Terserang Penyakit

  • Bagikan
Doa Memohon Kekuatan Menghadapi Musibah Seperti Pandemi Covid-19


TOPNEWS.MY.ID  Siapa sangka di musim pandemi Covid-19 ini bertepatan dengan musim Pancaroba. Musik yang ditandai dengan hawa dingin dan sesekali panas yang sangat menyengat. Selain itu, ditandai dengan hujan yang lebat, serta sesekali dibarengi dengan angin yang kencang.

Cuacanya pun terus dingin dan menusuk ke dada. Bahkan, tidak sedikit masyarakat yang mengalami sakit karena menghadapi musim Pancaroba ini. Lalu, adakah amalan khusus dibaca di musim ini agar tidak terserang penyakit? Jawabannya ada.

Habib Salim berkata :

من قال في يوم شديد البرد لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهْ مَا أَشَدَّ بَرْدَ هَذَا اْليَوْمِ اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَمْهَرِيرِ جَهَنَّمَ إلا كفاه الله شر هذا البرد ومثلها في الحر لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهْ مَا أَشَدَّ حَرَّ هَذَا اْليَوْمِ اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ حَرِّ نَارِ جَهَنَّمَ …لم يضرك حر هذا اليوم

Artinya: “Barang siapa yang membaca di hari yang sangat dingin (artinya) “Tiada Tuhan Selain Allah, betapa dinginnya hari ini. Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari sangat dinginnya neraka jahanam.” Maka ALLAH SWT akan menjaga dari bahaya dingin disaat itu.”

Dan barang siap yang membaca di hari yang sangat panas (artinya) “Tiada Tuhan Selain Allah, betapa panasnya hari ini. Ya Allah, aku berlindung padamu dari panasnya api jahanam.” maka Allah SWT akan menjaga dari bahaya panas di saat itu”

Dari keterangan diatas dapat kita simpulkan bahwa dzikir ini terbagi menjadi dua, yaitu dzikir saat terjadi hujan atau cuaca dingin yang ekstrim dan dzikir saat terjadi panas yang ekstrim.

Doa saat terjadi cuaca dingin yang ekstrim :

لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهْ مَا أَشَدَّ بَرْدَ هَذَا اْليَوْمِ اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَمْهَرِيرِ جَهَنَّمَ

Laailaha Illallah Maa Asyadda Barda hadzal yaumi. Allahumma Innii a’uzubika min zamhariri jahannam

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah. Sungguh sangat dingin kondisi hari ini. Ya Allah, jauhkan hamba dari dinginnya bara api jahannam.”



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan