Awas Hati-hati! Ketahui Daftar Kejahatan Online Terkini yang Mengintai Saat Pandemi

  • Bagikan
Hati-hati, 6 Jenis Data Pribadi Ini Doyan Diburu Hacker untuk Dijual!


TOPNEWS.MY.ID Seiring meningkatnya ketergantungan terhadap teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, kejahatan online juga makin marak.

Mulai dari pencurian data hingga rekayasa sosial, semua modus kini memanfaatkan kelengahan masyarakat.

Seperti pernah diungkapkan peneliti dari Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM) Tony Seno Hartono. Menurutnya, perisai keamanan yang disematkan dalam perangkat gadget sebenarnya sudah makin canggih.

Sayangnya para penjahat ini mengeksploitasi kelemahan dari sisi manusianya, yakni lewat manipulasi psikologis.

“Manipulasi psikologis bukan hal yang baru, Sebelum pandemi pun banyak dilakukan. Tapi di saat pandemi, terjadi lonjakan (kejahatan) luar biasa,” ujarnya.

Menurut Tony, orang-orang yang mudah dieksploitasi dengan modus ini adalah mereka yang kurang kritis, lengah, tidak cek dan ricek sesuatu, serta tidak punya pemahaman tentang keamanan.

Setidaknya ada 5 kejahatan online terkini yang menggunakan teknik manipulasi psikologis atau rekayasa sosial (social engineering).

1. Phising

Kejahatan ini biasanya mengincar pengguna layanan streaming berbayar, e-commerce, perbankan, hingga pelaku UMKM. Modusnya banyak yang berkedok hadiah dari perbankan, diskon palsu, pembobolan data, atau penyebaran link berita bohong.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *