Akhirnya! TKA Tak Lagi Diizinkan Masuk ke Indonesia

  • Bagikan
TKA Masuk Indonesia, Saleh Daulay: Pemerintah Jangan Main-main!


TOPNEWS.MY.ID Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly telah memperluas pembatasan terhadap orang asing yang diperbolehkan masuk ke wilayah Indonesia. Pekerja asing yang sebelumnya datang ke Indonesia sebagai bagian dari proyek strategis nasional belum lagi bisa masuk ke Tanah Air.

Perluasan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Aturan itu sebagai pengganti Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Aturan itu sejatinya mulai berlaku kemarin. Akan tetapi, kata Yasonna, pihaknya mendapat masukan dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk menunda dua hari pemberlakuannya untuk masa transisi.

“Permenkumham ini berlaku mulai hari ini, 21 Juli 2021, namun setelah kami berdiskusi dengan Ibu Menlu, kita memerlukan transisi. Transisi dua hari. Saya sudah instruksikan ke jajaran di bandara baik laut maupun udara, untuk memberikan dispensasi transisi dua hari karena baru hari ini kita umumkan secara resmi,” katanya dalam konferensi pers virtual kemarin, Kamis (22/7/2021). 

Yasonna mengatakan, TKA sudah dibatasi masuk ke Indonesia. Tetapi, ada WNA tertentu yang dikecualikan dalam aturan itu.

Mereka yang dibolehkan masuk itu yakni: 

– Orang-orang asing pemegang visa diplomatik dan visa dinas. 

– Orang-orang asing pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas. 



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *