Ketahui Yuk Berbagai Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan!

  • Bagikan
Ketahui Yuk Berbagai Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan!


Tidak hanya digunakan sebagai bumbu untuk menyedapkan makanan, bawang putih juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika bawang putih merupakan bahan alami yang sudah digunakan sejak dahulu untuk meredakan gejala tertentu. Lantas, apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan?

 

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang putih telah digunakan di seluruh dunia selama ribuan tahun. Catatan menunjukkan bahwa bawang putih telah digunakan saat piramida Giza dibangun, sekitar 5.000 tahun yang lalu. Dalam jurnal disebutkan bahwa dokter Yunani kuno, Hippocrates, menggunakan bawang putih untuk mengobati masalah pernapasan atau pencernaan. 

 

Baca juga: Manfaat Porang untuk Kesehatan

 

Sepanjang sejarah di Timur Tengah, Asia Timur, dan Nepal, bawang putih telah digunakan untuk mengobati hipertensi, bronkitis, gangguan hati, perut kembung, kolik, cacingan, rematik, diabetes, hingga demam. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut berbagai manfaat bawang putih untuk kesehatan yang perlu diketahui!

 

1. Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori

Bawang putih mengandung mangan, vitamin B6, vitamin C, selenium, serat, tembaga, kalium, fosfor, zat besi, serta vitamin B. Selain itu, satu siung atau tiga gram bawang putih mengandung 4,5 kalori, 0,2 gram protein, serta 1 gram karbohidrat. 

 

Baca juga: Ketahui Sejumlah Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

 

2. Menangkal Pilek

Mengonsumsi bawang putih diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam penelitian ditemukan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung bawang putih selama 12 minggu dapat menangkal pilek. Sedangkan menurut penelitian lainnnya, suplemen yang mengandung bawang putih dengan dosis tinggi dapat mempercepat penyembuhan sakit pilek atau flu.

 

3. Mengurangi Tekanan Darah

Seperti yang diketahui bahwa penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke, merupakan pembunuh terbesar di dunia. Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Nah, menurut penelitian, mengonsumsi bawang putih memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan tekanan darah.

 

Baca juga: Mengulik Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

 

4. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi bawang putih diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol total serta kolesterol jahat (LDL). Menurut penelitian, mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL hingga 10-15%.

 

5. Mencegah Penyakit Alzheimer dan Demensia

Bawang putih mengandung antioksidan, yang mendukung sistem perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif. Berdasarkan penelitian, berkat sifat antioksidan serta efeknya yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat serta hipertensi, bawang putih diyakini dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia. 

 

Baca juga: Manfaat Lain Baking Soda bagi Kecantikan dan Kesehatan

 

6. Memperpanjang Usia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat meningkatkan sistem imun. Mengingat manfaatnya yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, tak mengherankan jika bawang putih dapat memperpanjang usia atau membantu Kamu hidup lebih lama. 

 

Baca juga: Manfaat Buah Duwet atau Jamblang untuk Kesehatan

 

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Makanan seperti bawang putih dan bawang bombai bermanfaat bagi mereka yang memiliki osteoartritis. Menurut penelitian, ekstrak bawang putih yang kering dapat menurunkan penanda estrogen pada wanita. Hal ini meminimalkan tulang keropos pada wanita.

 

Itulah berbagai manfaat bawang putih untuk kesehatan. Meski diyakini dapat meningkatkan sistem imun, namun Kamu juga perlu memperhatikan gaya hidup sehat serta menerapkan pola makan yang seimbang. Jika mengalami gejala yang tak kunjung membaik setelah beberapa hari, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter, ya! (AS)

Referensi

Healthline. 2018. 11 Proven Health Benefits of Garlic.

Medical News Today. 2017. What are the benefits of garlic?

WebMD. Garlic.

 



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan