3 Gerakan Solidaritas Berbasis Digital di Tengah Pandemi

  • Bagikan
3 Gerakan Solidaritas Berbasis Digital di Tengah Pandemi


TOPNEWS.MY.ID, Saat ini, Indonesia tengah mengalami kasus lonjakan Covid-19 yang cukup tinggi. Ini menjadi masalah tersendiri bagi masyarakat. 

Terlebih, ruangan perawatan di rumah sakit penuh membuat banyak pasien yang terpaksa mengurus dirinya sendiri di rumah. Kesulitan lainnya juga dirasakan warga yang terdampak pandemi. Mulai dari banyaknya pegawai yang di rumahkan sampai beberapa usaha yang terpaksa gulung tikar menjadi kesedihan tersendiri yang harus dilakui oleh warga Indonesia. 

Kendati demikian, masih banyak orang baik yang membantu meringankan beban warga, kisah mereka dapat menginspirasi yang sangat bermanfaat. Berikut adalah sejumlah aksi solidaritas yang dilakukan warga untuk membantu melewati masa pendemi. 

1. Gerakan Penyedia Informasi Kesehatan

Beberapa kasus menemukan, warga kesulitan dalam mengetahui informasi terkait kesehatan. Misalnya, ketika warga hendak mencari oksigen, tapi tidak mengerahui kontak atau tempat pengisian yang akhirnya membutuhkan waktu lebih untuk mencari dan mengisi oksigen. 

Kini laman wargabantuwarga.com membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Laman tersebut merupakan hasil inisiatif masyarakat Indonesia guna membantu satu sama lain. Bantuan yang coba diberikan melalui laman tersebut adalah informasi terkait fasilitas dan alat kesehatan.

Di tengah terbatasnya fasilitas kesehatan karena lonjakan kasus Covid-10, wargabantuwarga.com menghadirkan informasi mengenai beberapa fasilitas kesehatan yang masih tersedia. Berbagai kontak untuk mendapatkan vaksin, oksigen dan peralatan kesehatan lain dapat ditemui dalam laman tersebut.

Terlebih, wargabantuwarga.com juga menyediakan panduan yang lengkap mengenai cara memilih dan menggunakan vaksin yang tepat, serta cara penggunaan fasilitas kesehatan lain.

2. Gerakan Solidaritas Layanan pinjam tabung oksigen gratis

Aksi solidaritas juga datang dari sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia. Kelompok ini memberikan layanan peminjaman tabung oksigen gratis untuk pasien Covid-19 yang berada di kawasan Jabodetabek.

Tim Pelaksana Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen untuk Indonesia, Arief Bobhil mengatakan, proses pendaftaran bisa dilakukan melalui link yang berada di bio Instagram @sejutates.

3. Platform Bantu para pekerja yang terdampak ekonomi

Melihat banyaknya pekerja yang terdampak pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 lalu, anak-anak muda asal Jakarta Ivy (29) dan teman-temannya merasa harus mengambil langkah membantu sesama.

Ivy mengajak teman-temannya, Lody (30), Rheza (30) dan Elham (29) untuk membuat sebuah platform yang dapat menyalurkan bantuan bagi pekerja yang nasibnya tidak menentu karena pandemi. Terlebih, kondisi pemerintah yang juga tak dapat memberikan bantuan bagi seluruh rakyat.

Nama platform tersebut adalah Bagi Rata dengan laman http://bagirata.id, sudah dibuat sejak akhir Maret 2020 lalu.

“Bagirata adalah platform subsidi silang untuk membantu kondisi finansial para pekerja yang terkena dampak ekonomi di tengah ketidakpastian pandemi Covid-19, dengan memfasilitasi proses redistribusi kekayaan ke pekerja yang terdampak agar mencapai dana minimum yang dibutuhkan,” begitu tulisan yang ditemui di laman pembuka situs Bagi Rata.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *