Luhut: Sudah Waktunya Penularan Virus Turun

  • Bagikan
Luhut: Sudah Waktunya Penularan Virus Turun


TOPNEWS.MY.ID, Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa dirinya sudah mendapat laporan dari para gubernur se-Jawa dan Bali terkait situasi terkini Covid-19 pada masa akhir PPKM Darurat.

Berdasarkan laporan itu, Luhut mengungkapkan bahwa telah terjadi perbaikan kualitas kesehatan dan pelayanan di rumah sakit. Misalnya, dari tingkat keterisian tempat tidur (BOR) di rumah sakit yang cenderung mulai turun. 

Laporan tersebut disampaikan dalam rapat secara virtual yang diikuti oleh para gubernur, Pangdam, Kapolda, dan Menteri Kesehatan pada Rabu (21/7/2021). 

“Kami lihat tadi data-data dilaporkan para gubernur dan kami juga menunjukan perbaikan misalnya Bed Ocupancy Ratio (BOR) banyak yang sudah mulai turun dan seperti DKI sekarang menunjukan perbaikan, Jawa Barat misalnya sekarang sudah di bawah 80 persen. Ini hal yang bagus,” kata Luhut. 

Dia mengatakan, sudah ada beberapa kabupaten dan kota yang telah mengalami perbaikan status dari level 4 ke level 2. Menurut Luhut artinya ada perbaikan di sejumlah daerah dari penerapan kebijakan PPKM Darurat berlangsung. 

“Dan sebenarnya sudah ada beberapa kabupaten yang malah langsung masuk level 2. Tapi kami tidak ingin buru-buru karena sifat dari delta varian ini memang dia akan kelihatan (hasil inkubasinya) dalam 2 minggu atau 3 minggu. Jadi, memang sudah waktunya mereka (virus) mulai turun tapi tetap waspada mengenai hal ini,” katanya. 

Luhut pun meminta masyarakat untuk bersabar dengan keadaan kirsis pandemi saat ini. Dia menuturkan bahwa masyarakat dan pemerintah Indonesia sama-sama berperang melawan virus dengan varian delta yang disebutnya lebih ganas dan lebih mematikan. Karena itu, kesabaran masyarakat akan sangat menentukan. 

“Mohon kesabaran kita semua karena kita berperang melawan satu delta varian yang betul-betul sangat ganas ini,” katanya.[]



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *