Kenalkan, Albert-Mboyo Sambi Lokonga! Calon Bintang Lini Tengah Arsenal

  • Bagikan
Celtic


“Pembelian kedua Arsenal di musim panas ini dan diharapkan sukses.”

TOPNEWS.MY.ID – Albert-Mboyo Sambi Lokonga jadi rekrutan kedua Arsenal di transfer window musim panas 2021 setelah Nuno Tavares. Pemuda Belgia keturunan Kongo itu dibeli 17,2 juta pounds (Rp340 miliar) dari Anderlecht. Siapa dia? 

Sambi dikonfirmasi sebagai pemain Arsenal pada hari Senin (19/7/2020). Pemain berusia 21 tahun telah menghabiskan seluruh kariernya di Anderlecht dan bermain sejak junior. Berpostur 183 cm, Sambi dinilai sebagai gelandang yang dibutuhkan Mikel Arteta untuk membuat lini tengah The Gunners hidup.

Direktur olahraga Anderlecht, Peter Verbeke, menjamin Arsenal telah mendatangkan gelandang muda berkompeten. Dia menyebut ada banyak peningkatan dalam diri Sambi, terutama soal teknik dan jiwa kepemimpinan di usia yang sangat muda.

“Sambi tentu saja adalah pemain yang sangat bagus. Dia adalah salah satu talenta terbaik yang datang dari akademi kami. Dia bisa bermain sebagai gelandang bertahan. Dia bisa bermain sebagai box to-box midfielder dan terutama dua musim terakhir di klub, dia telah berkembang dengan sangat baik,” kata Verbeke kepada Sky Sports.

“Dia seseorang yang bagus dalam menguasai bola. Kemampuan teknisnya di ruang sempit sangat bagus. Umpan pendek yang bagus, umpan panjang yang bagus. Itulah mengapa saya pikir dia bisa berkembang dalam peran sebagai gelandang bertahan untuk Arsenal di tahun-tahun mendatang,” tambah Verbeke.

Kemampuannya muncul dari pengalaman di lapangan. Pasalnya, Sambi adalah kapten Anderlecht musim lalu. Keterampilan kepemimpinannya telah mendapatkan banyak pujian dari para pengamat di Belgia.

“Dia perlu mendapatkan statistik yang lebih baik sebagai box-to-box midfielder dan perlu sedikit lebih keras dalam duel sebagai gelandang bertahan. Tapi, dia sudah melakukannya dengan sangat baik musim lalu dan saya mengharapkannya untuk berbuat lebih baik di musim depan,” ujar Verbeke.

Verbeke juga merasa Sambi bisa menjadi pemain Belgia berikutnya yang tampil mengesankan di Liga Premier. Dia yakin sang pemain akan sanggup mengikuti jejak beberapa pemain terkenal jebolan Anderlecht, termasuk Vincent Kompany.

“Sambi telah menjadi kapten klub. Dia seorang kapten dan pemimpin alami, baik di dalam maupun di luar lapangan. Saya pikir dia akan beradaptasi dengan sangat baik di klub baru dan karena kemampuan teknisnya sangat bagus,” tambah Verbeke.

“Saya tidak berpikir akan ada masalah adaptasi. Tentu saja Liga Premier adalah level yang lebih tinggi dari Liga Belgia. Tapi, para pemain yang telah dikembangkan di Anderlecht seperti (Youri) Tielemans, dan sebelum itu (Romelu) Lukaku, saya pikir mereka semua telah menetap dengan baik. Mereka semua mendapat pendidikan yang baik di akademi dan saya berharap Sambi akan melakukan hal yang sama,” ungkap Verbeke.

Sambi bergabung dengan akademi pada 2010. Lalu, menandatangani kontrak profesional pertamanya pada 10 November 2017. Dia membuat debut profesional dalam kemenangan 1-0 atas Eupen pada 22 Desember 2017. 

Pada November 2019, Sambi memperpanjang kontrak dengan klub hingga musim panas 2023. Kemudian, pada 27 September 2020, dia mencetak gol pertama dalam karier seniornya saat Anderlecht bermain imbang 1-1 dengan Eupen.

“Dia pemuda yang sangat baik, sangat santai, tapi sangat bekerja keras dalam latihan. Dia seorang pemimpin, tapi tidak dengan cara yang arogan. Lebih sebagai pemimpin alami di lapangan. Ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik, dia memilih tanggung jawabnya, meski dia baru berusia 21 tahun,” beber Verbeke.

(mochamad rahmatul haq/anda)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *