8 Pemain Baru Marseille, Bisakah Mengimbangi PSG di Ligue 1 2021/2022?

  • Bagikan


“Sepakbola Prancis bukan hanya PSG. Masih ada Marseille yang coba menggeliat.”

TOPNEWS.MY.ID – Meski dengan kekuatan finansial yang berbeda, Marseille menolak menyerah melihat rival abadinya, Paris Saint-Germain (PSG), belanja banyak bintang. Dengan hanya mengeluarkan 3 juta euro (Rp51,3 miliar), L’Oheme mendapatkan delapan pemain bagus.

Jika di Spanyol adal El Clasico, maka di Prancis terdapat Le Classique. Ini adalah duel paling panas di Ligue 1 yang mempertemukan Marseille dengan PSG. Sama seperti Real Madrid, PSG mewakili klub ibukota. Sementara Marseille lebih mirip Barcelona sebagai tim dari daerah yang merasa jadi anak tiri.

Tapi, sejak Qatar Sports Investement (QSI) hadir di Parc des Princes, level PSG jauh di atas Marseille. Bukan hanya prestasi, kondisi finansial Marseille juga tertinggal jauh.

Setiap musim PSG kedatangan pemain-pemain bintang dunia dengan transfer dan gaji selangit. Sebaliknya, Marseille hanya mengandalkan pemain-pemain produk akademi. Mereka juga hanya membeli pemain-pemain kelas dua dengan harga murah. Beberapa lainnya pinjaman, termasuk musim 2021/2022.

Berikut ini 8 pemain baru Marseille di transfer window musim panas 2021:

1. Konrad de la Fuente (penyerang)

Dari: Barcelona

Harga: 3 juta euro (Rp51,3 miliar)

Lahir di Miami, Florida, dari orang tua Haiti keturunan Dominika, Konrad pindah ke Spanyol pada usia 10 tahun ketika ayahnya bekerja di Konsulat Haiti di Barcelona. Saat bermain untuk tim junior CF Damm, dia ditawari kesempatan bergabung ke La Masia.

Pada 12 September 2020, Konrad melakukan debut tim senior melawan Gimnastic de Tarragona. Dia melakukan debut resmi di penyisihan grup Liga Champions melawan Dynamo Kiev pada 24 November 2020. Dia menggantikan Francisco Trincao saat El Barca menang 4-0.

Kemudian, pada 29 Juni 2021, Konrad menandatangani kontrak dengan Marseille seharga 3 juta euro. Tapi, Barcelona berhak atas 50% dari penjualan Konrad di masa depan.

2. Leonardo Balerdi (bek)

Dari: Borussia Dortmund

Harga: rahasia

Balerdi adalah jebolan Boca Juniors yang pindah ke Dortmund pada 2018 dengan fee 15 juta euro (Rp256 miliar) plus 2 juta euro (Rp34,2 miliar) lainnya tergantung penampilan. Berhubung kesempatan bermain jarang didapatkan, Balerdi dipinjamkan ke Marseille selama semusim dengan opsi transfer 15 juta euro.

3. Cengiz Under (winger, striker)

Dari: AS Roma

Harga: pinjam

Memulai karier profesional di Altinordu, Under pindah ke Istanbul Basaksehir sebelum diakuisisi Roma pada 2017. Tapi, persaingan yang ketat di sektor depan membuat pemain asal Turki itu harus dipinjamkan. Musim lalu dengan Leicester City, dan sekarang bersama Marseille.

4. Matteo Guendouzi (gelandang)

Dari: Arsenal

Harga: pinjam

Matteo Elias Kenzo Guendouzi Olie adalah lulusan Akademi PSG yang pindah ke Lorient saat berusia 6 tahun. Lalu, pada 11 Juli 2018, Guendouzi didatangkan Arsenal dan diharapkan bisa menjadi pemain tengah yang menentukan arah permainan The Gunners.

Sayang, penampilan yang kurang stabil plus pergantian pelatih di Emirates Stadium membuat Guendouzi harus tersingkir. Musim lalu, pemuda berusia 22 tahun itu dipinjamkan ke Hertha Berlin di Bundesliga. Musim depan, dia akan berseragam Marseille. Juga dengan status pinjaman selama semusim tanpa opsi beli.

5. Pau Lopez (kiper)

Dari: AS Roma

Harga: pinjam

Kedatangan Jose Mourinho ke Roma membuat Lopez tersingkir. Penjaga gawang asal Spanyol itu telah diberitahu bahwa Mourinho akan mengontrak Rui Patricio dari Wolverhampton Wanderers. Segera setelah itu, dia pergi ke Marseille dengan status pinjaman.

Salah satu alasan Mourinho meminjamkan Lopez karena penampilan yang tidak konsisten. Awalnya, dia adalah kiper utama dan tampil bagus. Tapi, pada 26 Januari 2020, Lopez melakukan kesalahan fatal di Derby della Capitale dengan memberi hadiah gol kepada Francesco Acerbi untuk hasil imbang 1-1.

Selanjutnya, Lopez dihukum untuk menjadi cadangan Antonio Mirante. Dia kembali ke tim utama setelah cedera Mirante. Tapi, itu juga tidak lama. Pasalnya, musim Lopez berakhir sebelum waktunya karena cedera bahu melawan Manchester United di semifinal Liga Eropa.

6. Gerson (gelandang)

Dari: Flamengo

Harga: rahasia

Gerson Santos da Silva merupakan pemain lulusan Fluminense. Dia sempat bermain di Roma pada 2016-2019 dan dipinjamkan ke Fiorentina (2018/2019) sebelum kembali ke Brasil untuk membela Flamengo. Gelandang berusia 24 tahun itu sekarang kembali ke Eropa untuk membela Marseille dengan transfer yang dirahasiakan.

7. Luan Peres (bek tengah, bek sayap)

Dari: Santos

Harga: rahasia

Peres punya perjalanan karier yang panjang. Memulai dari Portuguesa, dia pindah ke Santa Cruz, Red Bull Brasil, Ituano, Ponte Preta, Fluminense, Club Brugge, hingga Santos. Musim depan dia bermain untuk Marseille dengan kontrak empat tahun hingga musim panas 2025.

8. William Saliba (bek)

Dari: Arsenal

Harga: pinjam 

William Alain Andre Gabriel Saliba mencuri perhatian saat bermain untuk Saint-Etienne di Ligue 1. Pada 25 Juli 2019, Arsenal mengumumkan bahwa Saliba telah menandatangani kontrak jangka panjang berdurasi lima tahun dan biaya transfer mencapai 27 juta pounds (Rp534 miliar).  

Meski sudah resmi menjadi pemain Arsenal, Saliba belum pernah bermain di Emirates Stadium. Itu karena dia langsung dipinjamkan kembali ke Saint-Etienne untuk musim 2019/2020.

Harapan Saliba untuk membela The Gunners juga mentah musim lalu. Bukanya dipanggil pulang, dirinya justru kembali dipinjamkan. Kali ini ke Nice. Selanjutnya, Saliba kembali tidak mendapatkan kesempatan bermain membela Arsenal untuk musim depan. Pasalnya, dia justru dipinjamkan ke Marseille.

(andri ananto/anda)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *